STRATEGI PEGADAIAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MELALUI PEMBIAYAAN UMKM DIERA PANDEMI PERSPEKTIF ISLAM

Masyhuri Masyhuri* -  Institut Agama Islam Negeri Bone
Nurfatina Dilla -  IAIN Bone, Indonesia
Muammar Hasri -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/alkharaj.v3i1.4507

Abstract

This article discusses the strategy of pawnshops in maintaining their existence through MSME financing in the pandemic era based on an Islamic perspective. This study aims to find out the strategy implemented by PT Pegadaian UPC Mare in attracting MSME customers in improving the welfare of the surrounding community, one of which is by offering superior products/financing from Pegadaian UPC Mare.

This type of research used by researchers using a qualitative approach. The data is concluded through direct observation of the company through observation, direct interviews with employees and customers and documentation at PT. Pawnshop UPC Mare.

Based on data collection at PT Pegadaian UPC Mare can be concluded that the strategy undertaken is to offer quality products, provide good services according to customer wishes, provide guarantees for the safety of goods, offer business capital quickly and easily and carry out promotions through online media or word of mouth. Though in an Islamic point of view, in doing each business action, most extreme exertion is required in getting business objectives and obviously focusing on the signs that are permitted in Islam while as yet making the idea of ta'awun, tafahum in exercises, so it will by implication ensure a business substance actually exists.

Abstrak

Artikel ini membahas strategi pegadaian dalam mempertahankan eksistensi melalui pembiayaan UMKM diera pandemi berdasarkan perspektif islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh PT Pegadaian UPC Mare dalam menarik minat nasabah UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yaitu salah satunya dengan menawarkan produk/pembiayaan unggul dari Pegadaian UPC Mare.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan tekhnik wawancara. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Tekhnik analisis data yang digunakan menggunakan model miles and huberman yaitu Reduksi data, tampilan data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan.

Berdasarkan pengumpulan data pada PT. Pegadaian UPC Mare dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan yaitu pelayanan prima berupa  menawarkan produk yang berkualitas, memberikan pelayanan/jasa yang baik sesuai keinginan nasabah, memberikan jaminan atas keamanan barang, menawarkan modal usaha secara cepat dan mudah dan melakukan promosi melalui media online atau word of mount. Sedangkan dalam perspektif islam memandang dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis diperlukan ikhtiar maksimal dalam memperoleh tujuan bisnis dan tentunya memperhatikan rambu-rambu yang diperbolehkan dalam islam dengan tetap menjadikan konsep ta`awun, tafahum dalam beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menjamin suatu entitas bisnis tetap eksis (going concern).

 

Keywords
Strategi Pegadaian; Pembiayaan UMKM; Perspektif Islam
  1. Departemen Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahan (Bandung: Yayasan Penyelengggara Terjemah Al-Quran).
  2. Hardilawati, Wan Laura. Strategi bertahan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika. Vol.10 (1).2020.
  3. Mutiara islami, “Aspek Hukum Atas Rusaknya Jaminan di PT. Pegadaian (Persero) dan Perlindungan Hukumnya”, Jurnal Hukum dan Masyarakat Madani, Fakultas Hukum, Universitas Singa Perbangsa karawang, Indonesia, Vol. 11, No. 1, 2021.
  4. Nur Indrianto dan Bambang Supomo, Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen, (Yogyakarta: BPEF-Yogyakarta, 2009). h.147.
  5. Triyuwono, Iwan. “[Makrifat] Metode Penelitian Kualitatif [dan Kuantitatif] untuk Pengembangan disiplin Akuntansi”. Makalah ini diseminarkan dalam acara Simposium Nasional Akuntansi (SNA) ke‐16 di Manado pada tanggal 25‐27 September 2013.
  6. Wijoyo Hadian. Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi. Sumatera Barat ; Penerbit Insan Cendekia Mandiri, 2021

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-30
Published: 2023-07-01
Section: Articles
Article Statistics: 95 68