ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN PRODUK HALAL MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA

Syamsul Bahri* -  IAIN Bone, Indonesia
Ahmad Efendi -  UIN Alauddin Makassar

DOI : 10.30863/iebjournal.v5i1.4214

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang dan tantangan industri halal makanan dan minuman di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari publikasi yaitu buku, artikel, dan website yang berkaitan dengan makanan dan minuman halal. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki mayoritas pendudukan Islam memberikan peluang yang sangat menjanjikan sebagai pusat industri halal. Peluang tersebut dapat dikembangkan dengan melakukan riset potensi daerah. Keragaman sumber daya alam yang dimiliki Indonesia menjadi ciri khas tersendiri dalam menciptakan produk yang berbasis lokalitas. Pengembangan sektor makanan dan minuman halal dapat menjadi pusat produksi, tidak hanya menjadi konsumen dari produk negara lain.

Keywords
Industri halal, makan dan minuman
  1. Alva Salam, Ahmad Makhtum, D. S.-Q. T. L., & 2022, U. (2022). Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan dan Minuman UMKM di Kabupaten Sampang. Jurnalfuad.Org, 3(1). https://www.jurnalfuad.org/index.php/qawwam/article/view/110
  2. Bakar, A., Pratami, A., & Sukma, A. P. (2021). Analisis fiqih industri halal. Taushiah, 11(1), 1–13.
  3. Diana Sari, W., Nurani, R., Islam Riau, U., & Suska Riau, U. (2022). Menempatkan Peran Wirausaha Wanita Dalam Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia – Sektor Makanan & Minuman. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(2), 388–406. https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/432
  4. Fathoni, M., Ilmiah, - Jurnal, & 2020, U. (n.d.). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id, 6(03), 428–435. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
  5. JEpa, A. L.-, & 2019, undefined. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion di Indonesia. Jurnal.Pancabudi.Ac.Id, 4(2). http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/585
  6. Maulana, I., & Prasetia, A. R. (2015). Strategi Kreatif Usaha Kuliner Indonesia Untuk Memperluas Pasar Ke Kawasan Asia Tenggara Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, 170–184. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3886.8563
  7. Prodi, F. N., Syariah, E., Gunung, S., & Bandung, D. (n.d.). Jaminan Produk Halal di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. Journal.Uinsgd.Ac.Id. Retrieved March 26, 2023, from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/likuid/article/view/12732
  8. Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, P.hD , Dr. Ir. Adam Wiryawan, MS , Dr. Ir. Joni Kusnadi, Msi , Dr. Sucipto, S.TP, M. (2020). Ekosistem Industri Halal. In Ekosistem Industri Halal.
  9. Pudhail, M., & Baihaqi, I. (2017). Strategi Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia. Vidya, 25(1), 69–85.
  10. Rahayu, S. E. P. (2011). Seminar Nasional 2011 “Wonderfull Indonesia” Jurusan PTBB FT UNY , 3 Desember 2011 619. Jurusan PTBB FT UNY, 619–631. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296048/penelitian/Kajian+Potensi+“Wedang+Uwuh”++Sebagai+Minuman+Funsional.pdf
  11. SA Husain - JES (Jurnal Ekonomi, & 2021, U. (2021). Optimalisasi Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Industri Halal di Indonesia Melalui Sinergi Kelembagaan. Mail.Jes.Unisla.Ac.Id, 6(2). https://mail.jes.unisla.ac.id/index.php/jes/article/view/149
  12. Salim, A., Yusta, R. N., & Purnamasari, A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Store Beringin Rajawali Kota Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 159–168. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2015
  13. Setianingsih, R. (2019). Pengembangan produk melalui konsep halal fashion (studi pada produsen Batik Huza di kota Pekalongan). http://etheses.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/471
  14. Sulistiani, S. L. (2019). Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan Hukum Industri Halal Di Indonesia. Law and Justice, 3(2), 91–97. https://doi.org/10.23917/laj.v3i2.7223
  15. Utari, D., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Industri Halal Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Era Pandemi Covid-19: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 87–98. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.119
  16. Yulia, Lady. (2015). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-08
Published: 2023-06-21
Section: Articles
Article Statistics: 833 548