KINERJA GURU TIDAK TETAP DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

Sheila Hentri Utami* -  Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia
Abdul Rahman -  Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia
Baryanto Baryanto -  Fakultas Tarbiyah,Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia

DOI : 10.30863/didaktika.v14i1.746

Teacher is a noble profession. That is why teachers are often called the unsung heroes. It is because of teachers; a nation can develop and be civilized along with the development of other nations. In carrying out the mandate as the frontline in educating children of the nation, teachers are required to have high professionalism. However, such a point does not go hand in hand with the welfare efforts made for them, especially for those of the non-permanent teachers. Anchored in this assumption, this study sought to find out a depiction of learning effectiveness held by the non-permanent teachers at SMA 1 Muhammadiyah Curup, Bengkulu. This study applied a qualitative approach. Observation and interviews were deployed as the data collection tools. The data were further analyzed qualitatively. The conclusion revealed that the status of being non-permanent teachers did not reduce the effectiveness of their performance in carrying out their duties as teachers albeit in the midst of uncertain and incompatible salary compared to the whole services they provided and the lack of learning facilities at the school. 

Keywords: learning effectiveness, professionalism, non-permanent teachers

  1. Alam, Lukis. 2016. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 1(2):101–119.
  2. Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
  3. Astafiyah, Astafiyah. 2018. “Kontribusi Efektivitas Manajemen Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Sekolah Non Akademik.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4(02):263–74.
  4. Astawa, I. Nyoman Temon. 2017. “Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penjaminan Mutu 3(2):197–205.
  5. Basinun, Basinun. 2019. “Kompetensi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN Model Kota Bengkulu.”
  6. Budiman, Jumardi. 2018. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap (GTT) Di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau.” Jurnal Ekonomi Integra 6(2):022–030.
  7. Ekowati, Endang Tri, Sunandar Sunandar, and Ngurah Ayu Nyoman Murniati. 2020. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Kecamatan Suruh.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 8(1).
  8. Fawaid, Ahmad. 2018. “Rekontruksi Peran Guru Melalui Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Modern.” Ahsana Media 4(2):36–46.
  9. Fithriani, Muflihah. 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Baca Siswa terhadap Hasil Belajar Al Quran Hadis Kelas X MAN Bintuhan Kabupaten Kaur.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2(1).
  10. Gumilang, Galang Surya. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Fokus Konseling 2(2).
  11. Gunawan, Indra. 2018. “Hubungan Sebab Akibat Ungkapan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Terhadap Identitas Dan Kesejahteraan Guru Di Indonesia.” PEDAGOGIA 16(2):123–130.
  12. Gusman, Hagi Eka. 2020. “Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):293–301.
  13. Hadi, Sumasno. 2017. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 22(1).
  14. Hakim, Lukmanul. 2018. “Eksistensi Guru Honor Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di SD Wilayah I Kec. Barombong Kab. Gowa.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
  15. Halim, Lidia, and Mochamad Sheisar Firmana. 2018. “Analisis Tingkat Kinerja Guru Tetap Yayasan Dan Guru Tidak Tetap Di Smk Swasta Se-Kota Malang.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 12(1):40–48.
  16. Hasyim, M. Hasyim M. 2014. “Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1(2):265–276.
  17. Ilahi, Nisa Wiyati, and Nani Imaniyati. 2016. “Peran Guru sebagai Manajer dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1(1):99–108.
  18. Juliani, Retno Djohar. 2016. “Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Memotivasi, Membangun Hubungan yang Effektif, Merencanakan dan Menerapkan Perubahan dalam Organisasi.” Majalah Ilmiah Inspiratif 1(01).
  19. Manap, Soemantri. 2014. Perencanaan Pendidikan. Bogor: IPB Press.
  20. Miles, Mathew B., A. Micheal Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc.
  21. Muhammad Rusmin, B. n.d. “Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.”
  22. Nisraeni, Nisraeni, Iyan Irdiyansyah, and Luki Yunita. 2018. “Etika Profesi dalam Perspektif Ilmu ‘Sertifikasi Guru.’” Prosiding 4(1).
  23. Nurdin, Syafruddin, and M. Basyiruddin Usman. 2003. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Ciputat Pers.
  24. Nurjaman, Ujang. 2017. “Implikasi UU Sisdiknas Terhadap Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan UNIGA 7(1):52–60.
  25. Putri, Nadya. 2020. “Budaya Organisasi Pada Sekolah Dasar Negeri Kenagarian Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):440–446.
  26. Risya Pramana Situmorang dan Elisabeth Perti Andayani. 2019. “Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia | Situmorang | Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education.” Retrieved June 2, 2020 (https://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi/article/view/14544).
  27. Saondi, Ondi, and Aris Suherman. 2010. “Etika Profesi Keguruan.” Bandung: PT Refika Aditama.
  28. Siskandar, Siskandar, and Suhendri Suhendri. 2020. “Pendidik Profesional Dalam Al-Qur’an.” El-Moona| Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2(1):39–54.
  29. Sopandi, Andi. 2019. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru.” Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 2(2):121–130.
  30. Sudarsana, I. Ketut. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Penjaminan Mutu 4(1):20–31.
  31. Sudja, I. Nengah. 2013. “Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan Diri, Sistem Penghargaan, Lingkungan Kerja, Terhadap Komitmen Pada Profesi Dan Profesionalisme Guru SMA Negeri Di Bali.” DIE 9(2).
  32. Sundari, Faulina. 2017. “Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.”
  33. Sutajaya, Pande Wayan Mustika I. Made. 2016. “Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru Di Era Global.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(1):82–96.
  34. Syamsiwarti, Syamsiwarti. 2016. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa di SD Kota Solok.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3(2):157–166.
  35. Tanama, Yulia Jayanti, Achmad Supriyanto, and Burhanuddin Burhanuddin. 2016. “Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(11):2231–2235.
  36. Utaminingsih, Sri. 2019. “Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan (Studi Kasus Di Kota Tangerang Selatan).” in Proceedings. Vol. 1.
  37. Priansa, D. Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
  38. Warsah, Idi. 2018. “Relevansi Relasi Sosial Terhadap Motivasi Beragama Dalam Mempertahankan Identitas Keislaman Di Tengah Masyarakat Multi Agama (Studi Fenomenologi Di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu).” Kontekstualita 32(02).
  39. Warsah, Idi, Yusron Masduki, Imron Imron, Mirzon Daheri, and Ruly Morganna. 2019. “Muslim Minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation.” QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 7(2):367–98.
  40. Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. 2019. “Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 5(1):62–73.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-06-02
Published: 2020-09-04
Section: Artikel
Article Statistics: 168 408