MENJAGA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIS AL ISLAM PARIT JAWAI

Khairul Amri Khairul* -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI : 10.30863/attadib.v1i1.560

This research is a qualitative study with a descriptive approach. This research was conducted at MIS Al-Islam Parit Jawai, Bukit Segoler Village, Tebas District, Sambas Province. Data taken in research conducted based on the reults of interviews and observations made. The focus of this research is to find out how the application of Islamic religious education in MIS Al-Islam in protecting the environment. Based on the results of research that Islamic religious education in MIS Al-Islam is not only concerned with cognitive aspects but also aspects of affective and psychomotor aspects. The activities carries out by students in protecting the environment are: Planting trees, taking out the trash, and social services carried out with the community. All activities carried out are the implementation of Islamic religious lessons in MIS Al-Islam namely, Aqidah Akhlak, Fiqh, and Al-Quran Hadits.

 Keywords: Environment, Learning, Islamic Education

  1. Ainiyah, Nur, Pemebentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, dalam jurnal Al-Ulum, Volume 13, Nomor 1, 2013.
  2. Ahmad Hidayah Harahap, Khairuddin, dkk, Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, dalam jurnal Edu-Religia, Volume2, Nomor 2, 2018.
  3. Amin, Alfauzan, dkk, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup dan Budaya di Sekolah Menengah Pertama, dalam jurna IJSSE, Volume 1, Nomor 1, 2019.
  4. Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
  5. Ilyas, M. Muhtarom, Lingkungan HIdup Dalam Pandangan Islam, dalam jurnal Sosial Humaniora, Volume 1, Nomor 2, 2008.
  6. Khairul Fikri, Luthfi, Perkembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Tahun 1945-1966, dalam jurnal Tarbawy, Volume 2, Nomor 2, 2015.
  7. Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Kearifan Lingkungan di Sekolah Dasar: Dasar, Signifikansi dan Implementasi, dalam jurnal JRTIE: Journal of Research and Thoughtof Islamic Education, Volume 2, Nomor 1, 2019.
  8. Kurniawan, Syamsul, Perspektif Umat Islam Tentang Agama Dan Ilmu Pengetahuan, dalam jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Volume 19, Nomor 1, 2019.
  9. Kurniawan, Syamsul, Dikotomi Agama Dan IIlmu Dalam Sejarah Umat Islam Serta Kemungkinan Pengintegrasiannya, dalam jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keislaman, Volume 1, Nomor 1, 2013.
  10. Niam Masruri, Ulin, Pelestarian Lingkungan Dalam Perspektif Sunnah, dalam jurnal at-Taqqadum, Volume 6, Nomor 2, 2014.
  11. Rouf, Abd, Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum, dalam jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 1, 2015.
  12. Siswanto, Islam dan Pelestrarian Lingkungan Hidup: Mengaggas Pendidikan Islam Berwawasan Lingkungan, dalam jurnal Karsa, Volume 14, Nomor 2, 2008.
  13. Suratman, Bayu, Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Melayu Sambas, dalam jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 4, Nomor 2, 2019.
  14. Taufiq, Ahmad, Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat Di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang, dalam jurnal Gea, Volume 14, Nomor 1, 2014.
  15. Z.Harahap, Rabiah, Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup, dalam jurnal EduTech, Volume 1, Nomor 1, 2015
  16. Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Press, 2004.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-12-28
Published: 2020-06-23
Section: Articles
Article Statistics: 392 1516