Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Perbedaan Gender

Aisyah Nursyam* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/annisa.v12i2.666

Description of Student Mathematical Disposition Judging from Gender Differences This type of research is a descriptive qualitative research. Data obtained by observing and interviewing. The research instrument used was the student interview guide. The purpose of this study is to describe the mathematical disposition of students in terms of gender differences in the fifth semester of the academic year 2019/2020. The subjects of this study were students in group 1 of Semester Lima STKIP Muhammadiyah Bone in the academic year 2019/2020. The results of the study show the indicators of student mathematical disposition that are visible, namely interest and curiosity, confidence, perseverance, and flexibility. The data analysis technique uses three stages, namely reduction, presentation, and drawing conclusions. Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang dipakai adalah pedoman wawancara mahassiswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan disposisi matematis mahasiswa ditinjau dari perbedaan gender semester lima tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok 1 Semester Lima STKIP Muhammadiyah Bone tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan indikator disposisi matematis mahasiswa yang terlihat yaitu minat dan rasa ingin tahu, percaya diri, tekun, dan fleksibel. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Keywords
Mathematical disposition; Gender differences; Disposisi matematis; Perbedaan gender
  1. Amir Zubaidah MZ. 2013. perspektif gender dalam pembelajaran matematika
  2. Apriyono Fikri.2016. Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Garut: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut
  3. Costa, Arthur L. dan Bena Kallick. 2013. Dispositions: Reframing Teaching and Learning.
  4. Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg (Eds.). 2008. Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development. Mawah, NJ: Erlbaum, inpress.
  5. Dalyono, 2007. Psikollogi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
  7. Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  8. Djali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  9. Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara
  10. Hasan, Qodri Ali. 2012. Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. UNY : Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November 2012.
  11. Herlina, Elda. 2013. Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan APOS. Bandung : Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2. No.2 [30-45].
  12. Katz, L, G (2009) Disposition as Educational Goals
  13. Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika).
  14. Moloeng, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
  15. Novitasari, Anindita Trinura. 2014. Pengembangan Pemikiran Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. UNY : Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2014.
  16. Santrock J.W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media
  17. Group.
  18. Siswono, Tatang Yuli Eko. 2007. Pembelajaran Matematika Humanistik yang Mengembangkan Kreativitas Siswa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
  19. Siswono, Tatang Yuli Eko. 2012. Belajar Dan Mengajar Anak Usia Dini. Seminar Pendidikan Anak Usia Dini, 1-9, 2012.
  20. Situmorang, Adi Suarman. 2011. Efektivitas Model Pencaian Konsep Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Siswa Kelas X SMU Negeri 1 Batangkus.
  21. Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  22. Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  23. Tresnawati Dedeh Choridah, 2013. peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa sma.Bandung: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.2, September 2013

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-03-10
Published: 2020-03-10
Section: Artikel
Article Statistics: 37 49