Bias Gender dalam Novel Kubah di Atas Pasir karya Zhainal Fanani Perspektif Kritik Sastra Feminis dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi

Irna Fitriana,* -  Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
Aisyah A -  Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
Andi Srimularahmah -  Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/annisa.v16i1.5249

Penelitian ini bertujuan menjawab tiga masalah penelitian yaitu:

1) karakteristik citra perempuan dalam novel Kubah di Atas Pasir karya Zhainal Fanani perspektif kritik sastra feminis, 2) bias gender dalam novel Kubah di Atas Pasir karya Zhainal Fanani perspektif kritik sastra feminis, serta yang ke 3) implementasinya dalam pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode dekriptif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Data penelitian ini teks novel di dalamnya terdapat karakteristik citra perempuan dan ketidakadilan gender. Sumber data penelitian Kubah di Atas Pasir karya Zhainal Fanani. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama. Peneliti dalam penelitian kualitatif ini berkedudukan sebagai pembaca, penafsir data, dan pembuat laporan penelitian Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan analisis isi (content analysis). Teknik validitas yang digunakan triangulasi teori.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini model analisis interaktif dengan tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal utama yaitu 1) karakteristik citra perempuan berdasarkan citra diri fisik, psikis, dan sosial sehingga diperoleh  tipe perempuan  transisi, 2) Bias gender berupa subordinasi, stereotipe, dan gender dan status 3) Implementasi karakteristik citra perempuan dan ketidakadilan gender yaitu dalam pokok bahasan memahami unsur prosa fiksi, memahami pendekatan dalam mengkaji prosa fiksi, dan mengkaji prosa fiksi dengan pendekatan kritik sastra feminis.
  1. Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender dan Trasformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Fanani, Zhainal. 2015. Kubah di Atas Pasir. Solo: Metamind.
  4. Hanum, Farida. 2018. Kajian dan Dinamika Gender. Malang: Intrans Publising.
  5. Kadir, Abdul &Fullan. Pengertian Implementasi. http://dilihatya.com/1597/pengertian-implementasi-menurut-para-ahli. Diunduh 26 Maret 2023.
  6. Mirdad, Jamal & Ratnah Rahman.2021. Bias Gender dalam Pendidikan Non Formal (Tpa/Tqa) Taman Pendidikan Al- Qur’an di Kota Makassar. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Vol 6 No 1 (2021) .https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Sosioreligius/article/view/24189/12263
  7. Muzakka, Moh. 2021. Gender dalam Sastra. Semarang: Sint Publishing.
  8. Nurjannah, Andhika Afifah & Dwi Sulistyorini. 2022. Perjuangan Kesetaraan Gender Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El-Shirazy Sebagai Model Pendidikan Gender. Kredo Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 6 No 1(2022). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/7803.
  9. Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabet
  10. Umami, Rizka Hidayatul. 2019. Bias Gender dalam Sastra Anak: Studi Pada Buku Kecil-Kecil Punya Karya. Martabat Jurnal Perempuan dan Anak Vol 2 No 1(2019) https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/martabat/article/view/1434
  11. http://dilihatya.com/1597/pengertian-implementasi-menurut-para-ahli

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-07
Published: 2023-09-07
Section: Gender
Article Statistics: 107 65