Upaya Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone

Srinita Srinita Bonita Mahmud* - 

DOI : 10.30863/an.v14i2.5145

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik dan psikologis, untuk mendapatkan data yang diinginkan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Kemudian dianalisis dengan: 1) Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam upaya guru mengembangkan keterampilan sosial siswa kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu: 1) bermain sosial 2) memberikan kesempatan untuk perkembangan sosial 3) menyediakan wahana untuk perkembangan sosial anak yang positif 4) menyediakan sarana dan prasarana. Kemudian untuk mencari tahu. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu semangat yang dimiliki anak dan motivasi yang diberikan guru. Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini kelompok B adalah keadaan emosi anak dan kurangnya perhatian anak saat belajar.
  1. Hamzah Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Cet.1; Pontianak: IAIN Pontianak Press.
  2. Sit Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Cet. I; Depok: Kencana. 2017.
  3. Istianti Tuti. Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia
  4. Dini. Jurnal Cakrawala Dini, Vol. 5, No.1. 2015.
  5. Susanto Ahmand. Perkembangan Anak Usia Dini. Cet.I; Jakarta: Kencana Prenada media Group.
  6. Ikasari Murni Nur. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini
  7. Melalui Kegiatan Sentra Main Peran Di Ta Almanaar Al Islamiyah Ngabar Siman
  8. Ponorgo. Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia DinI. 2020.
  9. Herrmino Agustino. Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka
  10. Pelajar. 2014.
  11. Abdullah K, Tahapan dan Langkah-langkah Penelitian, (Cet. I; Watampone, Luqman al-hakim
  12. Press, 2013
  13. Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiff, R&D ( Bandung:
  14. Alfabeta. 2012.
  15. Bungin Burhan. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. VIII; Jakarta: Raja Grafindo. 2012.
  16. Jhoni Dimayanti. Metodologi Penelitian Pendidikan &Aplikasiny a Pada Pendidikan Anak Usia
  17. Dini (PAUD) , (Cet. 1;Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2013.
  18. Abdullah K. Tahapan dan Langkah-Langkah Penelitian. Cet. I; Watampone, Luqman al-hakim
  19. Press. 2013

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-07-25
Published: 2021-12-31
Section: Anak
Article Statistics: 156 1281