Peran Orang Tua Dalam Pengelolaan Sosial Emosional Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring Rahmi a,1,* , Sitti Fatimah b,2 Ah

Authors

  • Rahmi Sitti Fatimah Ahmad Irfan IAIN BONE

DOI:

https://doi.org/10.30863/an.v14i2.5144

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi orang tua di TK Asri Waru Desa Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Dan untuk mengetahui pengelolaan sosial emosional anak usia dini pada pembelajaran daring di TK Asri Waru Desa Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, untuk memperoleh data yang diinginkan peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dalam pembelajaran daring di TK Asri Waru Desa Bulu Tempe Kecamatan Tanete Kabupaten Bone Riattang Barat sebagai pendidik yang mengutamakan kepentingan dan kebutuhan anak, peran orang tua sebagai pengendali dengan mengatur sikap anak, orang tua sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana dan prasarana bagi anak, sedangkan orang tua berperan sebagai pembimbing, orang tua dapat memberikan arahan atau bimbingan kepada anak. Adapun manajemen sosial emosional anak usia dini pada saat pembelajaran daring yaitu respect dimana anak dapat menghargai orang lain, menyesuaikan diri agar anak dapat diterima lingkungannya, dan solidaritas dengan anak.

References

Abdul, dan Sofyana. (2020). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas

Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madium, dalam Jurnal Nasional

Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1.

Ariyanti, Tatik. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak,

Jurnal Dinamika 8, no. 1

Harun Zahri dan Rezeki, Dkk. (2015). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Dan Pelatihan

Prajabatan Pada Bkpp Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana

Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No. 4.

Duha, Refisi. (2018). Meningkatkan kemampuan Sosial emosional Anak Melalui Metode Role

Playing Di Kelompok Bermain, Satya Widya .Vol.34, No. 1

Lilawati, Agustien. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di

Rumah Pada masa Pandemi, Jurnal Obsesi:Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, Vol.05,

No.1.

M. Khaironi. (2018). Perkembangan anak usia dini, Jurnal Golden Age: 2(01)

Nurjanah, (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anakusia dini melalui

keteladanan, Hisbah : jurnal bimbingan konsling dan dakwah islam, Vol. 14, no. 1.

Pertiwi, Luhung Kawuryaning Dkk. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran

Daring AUD Pada Masa Covid-19, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

Vol. 12. No.1.

Pratama, Dodi. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak, Dalam Artikel

Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning, dalam Jurnal Ummul Quro,

vol.6.

Tabi’in. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi, Jurnal

Golden Age Universitas Hamzanwadi

Umar, Munirwan. (2015). Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak, Dalam

Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, Nomor 1.

Veronika, Linda dan Mardawani. (2018). Kesetiakawanan Sosial Pada Perkumpulan Masyarakat

Adat Dayak Di Kabupaten Sintang, Jurnal PEKAN Vol. 3 No.2

Zainal, dan Seno, (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata

Kuliah Manajemen Sistem Informasi, dalam Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 2

Buku:

Hamza, Nur. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini, Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ndari, Susianty Selaras dkk. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosional anak usia dini, Jawa

Barat:Edu Publisher.

Nugrahanta, Ari Gregorius. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Sikap Hormat

Anak, Yogyakarta:CV. Resitasi Pustaka.

Qomarudin, M. Nur dan Yusuf Bilfaqih. (2016). Esensi Penyusunan Materi Daring, Yogyakarta:

Deepublish.

Safari, Musnizar. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, Riau: Dotplus Publisher.

Subiyantoro, dan Septi Lastari Siregar. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan

kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Yogyakarta: 18, No 229.

Sujiono, Yuliani Nuraini. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.

Suryana, Dadan. (2016). Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta:Kencana.

Uhbiyati Nur dan Abu Ahmadi. (2015). Ilmu Pendidika, Jakarta: Rineka Cipta.

Ulfah, Suyadi dan Maulidiyah. (2015). Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT. Rosdakarya.

Zulaeha, Ida Dkk. (2020). Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, LPPM Unnes: Semara

Published

2021-12-31

Issue

Section

Anak