Penerapan Permainan Magic Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 Pada Anak Usia Dini Di Taman KanaK-Kanak Laelatul Qadar Kelompok B Watampone Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
DOI : 10.30863/an.v14i2.5130
Penelitian ini membahas Penerapan Permainan Kotak Ajaib dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Bilangan 1-20 pada Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pokok dalam penelitian meliputi 1) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini sebelum permainan Kotak Ajaib. 2) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini setelah bermain Kotak Ajaib. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh melalui observasi sebelumnya dan setelah penerapan permainan Kotak Ajaib, dari setiap indikator terlihat adanya peningkatan rata-rata sebesar 53,34%, mencapai rata-rata 93,32% pada kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini kelompok B di TK Laelatul Qadar. Uji T digunakan untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini pada penerapan permainan Kotak Ajaib, hasil perhitungannya dapat dilihat melalui pretest dengan rumus uji t = thitung > ttabel yaitu -2,2 > 2,04 dan hasil perhitungan melalui posttest dengan rumus uji t = thitung > ttabel yaitu -4,86 > 2,04. Artinya ada peningkatan pengenalan lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini kelompok B di TK Laelatul Qadar Watampone Desa Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
- Burhan Bungin. Metode Penelitian Kualitatif. Cet III; Jakarta : Raja Grafindo. 2011.
- Dwi Sulistiana, Heni. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan Melalui Media Lotto Pada Anak kelompok A Di Tk Aba Tamanagung Ii Kecematan Muntilan. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
- Eli Misyati. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi;Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.
- Fitri, Mardi. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Menjemur Angka Pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Banda Aceh. 2019.
- Gandana, Gilar. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media balok ciusenaire pada anak usia 4-5 tahun di TK AT-TOYYIBAH kecematan sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal PGPAUD UPI; Tasikmalaya. 2017.
- Helmiyati. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Di PAUD Tunas Jaya Kemiling. Skripsi Universitas Lampung; Bandar Lampung. 2016.
- Hijriati. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal,UIN Ar-Raniry Banda Aceh; Vol.III. No. 1. 2017.
- Komariah. Memperkenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini. UPI Kampus Cibiru; Vol. 4 No. 2. 2013.
- Misyati, Eli. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok AI TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.
- Muslichatun Ni`Mah, Lilik. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Papan Flanel Pada Kelompok A Taman Kanakkanak Aisyiyah Bustanul. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
- Pitadjeng. Pembelajaran Mtematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2006.
- Rahayu, Kuat. Identifikasi Kemampuan Berhitung Anak Tk Kelompok B Di Kelurahan Ringinharjo Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Skripsi; Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
- Rahman, Taopik. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia; Vol.1 No. 1. 2017.
- Rahmawati, Tati. Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Lingkaran Warna Pada Kelompok A Di PAUD Harapan Umat Desa Kebondowo Kec. Banyubiru Kabupaten Semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga . 2018.
- Rianti, Wida. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tata Angka pada Anak Usia Dini, Jurnal PAUD TAMBUSAI, STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. 2016.
- Ruswiani, Endang. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Kasih Kota Makassar. Universitas Islam Makassar. 2018.
- Selviana. Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education Vol. 2, No. 1. 2019.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.