Penerapan Permainan Magic Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 Pada Anak Usia Dini Di Taman KanaK-Kanak Laelatul Qadar Kelompok B Watampone Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Nasriah Nasriah NAS* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/an.v14i2.5130

Penelitian ini membahas Penerapan Permainan Kotak Ajaib dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Bilangan 1-20 pada Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pokok dalam penelitian meliputi 1) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini sebelum permainan Kotak Ajaib. 2) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini setelah bermain Kotak Ajaib. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh melalui observasi sebelumnya dan setelah penerapan permainan Kotak Ajaib, dari setiap indikator terlihat adanya peningkatan rata-rata sebesar 53,34%, mencapai rata-rata 93,32% pada kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini kelompok B di TK Laelatul Qadar. Uji T digunakan untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini pada penerapan permainan Kotak Ajaib, hasil perhitungannya dapat dilihat melalui pretest dengan rumus uji t = thitung > ttabel yaitu -2,2 > 2,04 dan hasil perhitungan melalui posttest dengan rumus uji t = thitung > ttabel yaitu -4,86 > 2,04. Artinya ada peningkatan pengenalan lambang bilangan 1-20 pada anak usia dini kelompok B di TK Laelatul Qadar Watampone Desa Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.

  1. Burhan Bungin. Metode Penelitian Kualitatif. Cet III; Jakarta : Raja Grafindo. 2011.
  2. Dwi Sulistiana, Heni. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan Melalui Media Lotto Pada Anak kelompok A Di Tk Aba Tamanagung Ii Kecematan Muntilan. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
  3. Eli Misyati. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi;Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.
  4. Fitri, Mardi. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Menjemur Angka Pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Banda Aceh. 2019.
  5. Gandana, Gilar. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media balok ciusenaire pada anak usia 4-5 tahun di TK AT-TOYYIBAH kecematan sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal PGPAUD UPI; Tasikmalaya. 2017.
  6. Helmiyati. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Di PAUD Tunas Jaya Kemiling. Skripsi Universitas Lampung; Bandar Lampung. 2016.
  7. Hijriati. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal,UIN Ar-Raniry Banda Aceh; Vol.III. No. 1. 2017.
  8. Komariah. Memperkenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini. UPI Kampus Cibiru; Vol. 4 No. 2. 2013.
  9. Misyati, Eli. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok AI TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.
  10. Muslichatun Ni`Mah, Lilik. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Papan Flanel Pada Kelompok A Taman Kanakkanak Aisyiyah Bustanul. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
  11. Pitadjeng. Pembelajaran Mtematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2006.
  12. Rahayu, Kuat. Identifikasi Kemampuan Berhitung Anak Tk Kelompok B Di Kelurahan Ringinharjo Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Skripsi; Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
  13. Rahman, Taopik. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia; Vol.1 No. 1. 2017.
  14. Rahmawati, Tati. Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Lingkaran Warna Pada Kelompok A Di PAUD Harapan Umat Desa Kebondowo Kec. Banyubiru Kabupaten Semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga . 2018.
  15. Rianti, Wida. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tata Angka pada Anak Usia Dini, Jurnal PAUD TAMBUSAI, STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. 2016.
  16. Ruswiani, Endang. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Kasih Kota Makassar. Universitas Islam Makassar. 2018.
  17. Selviana. Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education Vol. 2, No. 1. 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-07-24
Published: 2021-12-01
Section: Anak
Article Statistics: 324 438