Pengaruh gender terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTS Mallari ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah

Aisyah Nursyam* -  , Indonesia
Asriani Syam -  SMA Negeri 13 Bone, Indonesia
Andi Srimularahmah -  STKIP Muhamamdiyah Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/an.v13i2.3986

This study discusses gender and its response to the math learning achievements of grade VII MTs students reviewed problem solving skills. This research is based on problems in the school that have low student learning achievement and problem-solving ability, based on interviews from teachers about the results of the test. MTS Mallari has a different learning system, which is grouping male students and girls in different classes. The purpose of this study was to find out the influence of gender on learning achievement seen problem solving students in grade VII seen in terms of problem-solving ability in MTs Mallari. This type of research is expost-facto research. The sample of this study was a class of VII men taken using Purposive sampling techniques. The data was collected using the questionnaire and then used as a dikument and the test was then analyzed using infrensial statistic analysis. The results of this study had no gender influence on the problem-solving ability of grade VII students on the subject of the set judging by the problem-solving ability in MTs Mallari. This is indicated by a score of p=0.0612>sig0.05 and then H0 is accepted so that there is no gender influence on the learning achievement of grade VII students in terms of students' problem-solving skills in MTs in Mallari

Penelitian ini membahas tentang gender dan pengarunya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs ditinjau kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan di sekolah tersebut yang memiliki prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah, hal ini berdasarkan wawancara dari guru tentang hasil ulangan. MTS Mallari mempunyai sistem pembelajaran berbeda, yaitu mengelompokkan siswa laki-laki dan perepuan pada kelas yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gender terhadap prestasi belajar dilihat pemecahan masalah siswa kelas VII dilihat dari segi kemampuan pemecahan masalah di MTs Mallari. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Sampel penelitian ini adalah kelas laki-laki VII yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tersebut kemudian dijadikan sebagai dikument dan tes kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic infrensial. Hasil dari penelitian ini tidak ada pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dilihat dari kemampuan pemecahan masalah di MTs Mallari. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p=0,0612>sig0,05 dan maka H0 diterima sehingga tidak ada pengaruh gender terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dilihat dari segi kemampuan pemecahan masalah siswa di MTs di Mallari.

Keywords
Gender; Pemecahan Masalah
  1. Ditinjau Perbedaan Gender. Jurnal Aksioma. 8(1). Diunduh di https://media.neliti.com>publication . Pada tanggal 28 November 2019
  2. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
  3. Pengaruh Variasi Latihan Umpan Dari Kanan, Tengah Dan Kiri Tiang Gawang Terhadap Hasil Tendangan Ke Gawang Pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola Di Sma Nu Al Ma’ruf Kudus Tahun 2010
  4. Liliasari. Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan
  5. Perkins, Cheryl dan Murphy, Elizabeth. 2006. Identifying and Measure Individual Engagement in Critical Thinking in Online Discussiun: An Exploratory Case Study. Education Technolog and Society. 9 (1). Diunduh https://research.library.mun.ca/2462/pada tanggal 30 Oktober 2019
  6. Suprapto Suprapto, Siti Zubaidah. 2018 Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Aloysius Duran Corebima http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10642
  7. Sulistiana Sulistiana. 2013Pengaruh Gender, Gaya Belajar, dan Reinforcement Guru terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/423
  8. Fatmawati, Harlinda. dkk. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Peneltian Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen.
  9. Amir, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Marwah. VII(1). Diunduh di https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/v/ 511 pada tanggal 16 April 2018
  10. Suendang, Tri. 2017. Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Perspektif Gender Melalui Pendekatan Open Ended di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Diunduh di https://eprints.radenfatah.ac.id/2017 pada tanggal 25 Oktober 2018

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-05
Published: 2023-02-05
Section: Gender
Article Statistics: 311 166