PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Raodahtul Jannah* -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Nur Rahmah Sari -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Namla Elfa Syarianti -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Della Fadhilatunnisa - 

DOI : 10.30863/an.v15i1.3546

Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup besar di Negara Indonesia khususnya di sektor pendidikan. Kebijakan social distancing yang dianggap sebagai solusi yang tepat untuk pencegahan penyebaran covid-19 ini mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga dalam pendampingan proses pembelajaran anak pada masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diberikan secara online melalui google form kepada 15 orang tua siswa Sekolah Dasar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa belum bisa melakukan pendampingan pembelajaran anak di rumah secara maksimal. Orang tua siswa kesulitan dalam melaksanakan perannya sebagai pendidik bagi anaknya selayaknya seorang guru di sekolah.


The Covid-19 pandemic has had a significant impact on Indonesia, especially the education sector. The social distancing policy, which is considered the right solution to prevent the spread of Covid-19, has changed the face to face learning system into an online learning system. This study was conducted to find out how the role of families in assisting children’s learning prosesses during the covid-19 pandemic. The research method used by the author in this research is descriptive qualitative research. The research data was obtained using a questionnaire given online via google form to 15 parents of elementary school students. The result showed that parents of students have not been able to optimally assist children’s learning at home. Parents of students find it difficult to carry out their role as educators for their children like a teacher at school.


Keywords
Covid-19; Online Learning; Family
  1. Cahyati, N. & Kusumah, R. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4, 152-59.
  2. Erzad, A.M. 2018. Peran Orang tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5 (2).
  3. Haeruddin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., & Sitorus, Y. I. 2020. Peran Orang Tua dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah sebagai upaya memutus covid-19. Jurnal Universitas Singaperbangsa, 1-12.
  4. Ingram, M., Wolfe, R. B., & Lieberman, J.,M. 2015. The Role of Parents in Ar-risk Population.479-497.
  5. Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. 2020 Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  6. Lestari, A., Gunawan. 2020. The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian jurnal of Elementary and Childhood Education.
  7. Master, A., & Walton, M.G. 2012. Minimal Group Increase Young Children’s Motivation and Learning on Group-Relevant Task. Willy Online Library.
  8. Maisuri. 2013. Fungsi Keluarga Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak. Skripsi. Universitas Teuku Umar. Aceh.
  9. Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah : Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33). https://doi.org/10.18592/alhadhara.v17i33.2374
  10. Retno, A. 2013. Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2 (2), 43-49.
  11. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9240.
  12. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
  13. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Supriyono, Iskandar, H., & Sucahyono. 2015. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PAUD dan Dikmas.
  15. Trisnawati, Wahyu., & Sugito. 2020. Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Issue 1.
  16. Valeza, Alsi, R. 2017. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung
  17. Winingsih, Endang. 2020. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtuadalampembelajaran-jarak-jauh/
  18. Zezen, Zainul Ali. 2013. Merealisasikan Pendidikan di Masyarakat Pedesaan yang Berbasis Gender. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jilid 2 No. 1.
  19. Zezen, Zainul Ali. 2020. Darurat Sipil Vs Karantina Wilayah, Mana yang Lebih Efektif, dalam http://kronika.id/darurat-sipil-vs-karantina-wilayah-mana-yang-lebih-efektif

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-18
Published: 2022-06-05
Section: Anak
Article Statistics: 124 344