Keunggulan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis di MAN 1

Syamsidar P Syamsidar P* -  Guru MAN 1 Kabupaten Bone

DOI : 10.30863/aqym.v2i1.597

This thesis discusses the advantages of Audiovisual Media in learning Al-Quran Hadith in Man 1 Bone. The research is a qualitative empirism study. The approaches used include; Normative, pedagogical, psychological, sociological, and historical theological approaches. While the method of data collection used in this research is Field Research (field research) is data collection in a direct way to the field (research object) to obtain concrete data about the problems that will be discussed In several ways: observation, interviews and ducumentation. The results showed the media position in the learning is very important even parallel to the learning method, because the methods used in the learning process will usually demand what media can be integrated and adapted to the conditions encountered. There is a wide variety of media learning the Hadith Qur'an owned by MAN 1 Bone, both the original object, the case, the simple to the sophisticated, given in class or outside the classroom. There is also a two-dimensional field (image), three-dimensional field (space), animation/Flash (motion), video (recording or simulation). In addition, the teaching media in the form of technology is owned by MAN 1 Bone such as OHP and Internet network. Simple learning Media can be made from simple materials such as cardboard. Bisapula utilizes computer software that can create learning media. The application of Audiovisual Media can be achieved well when done through education in the classroom that is through the process of teaching learning activities based on computer. The application of audiovisual media to foster learning motivation, in the study of the Qur'an hadith certainly has a process that must be done in the implementation. In relation to this, the process of applying audiovisual media to foster motivation to learn in the Qur'anic lesson hadith, can be done by displaying short Film/short film that video is spoken on the use of LCD Projector, Laptops, and small speakers in which teachers as the presenter slightly use lecture methods that teachers feel are very effective in delivering material related to the application of audio visual media in the classroom.

Tesis ini membahas kelebihan Media Audiovisual dalam mempelajari Hadits Al-Quran dalam Man 1 Bone. Penelitian ini adalah penelitian empirisme kualitatif. Pendekatan yang digunakan meliputi; Pendekatan normatif, pedagogis, psikologis, sosiologis, dan historis. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan) adalah pengumpulan data secara langsung ke lapangan (objek penelitian) untuk memperoleh data konkret tentang masalah yang akan dibahas dalam beberapa cara: observasi, wawancara dan ducumentation. Hasil penelitian menunjukkan posisi media dalam pembelajaran sangat penting bahkan sejajar dengan metode pembelajaran, karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi. Ada berbagai macam media pembelajaran Hadits Qur'an yang dimiliki oleh MAN 1 Bone, baik objek asli, kasing, yang sederhana sampai yang canggih, diberikan di kelas atau di luar kelas. Ada juga bidang dua dimensi (gambar), bidang tiga dimensi (spasi), animasi / Flash (gerak), video (perekaman atau simulasi). Selain itu, media pengajaran dalam bentuk teknologi dimiliki oleh MAN 1 Bone seperti OHP dan jaringan internet. Media pembelajaran sederhana dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti kardus. Bisapula menggunakan perangkat lunak komputer yang dapat membuat media pembelajaran. Aplikasi Media Audiovisual dapat dicapai dengan baik ketika dilakukan melalui pendidikan di kelas yaitu melalui proses kegiatan belajar mengajar berbasis komputer. Penerapan media audiovisual untuk menumbuhkan motivasi belajar, dalam kajian hadits Alquran tentunya memiliki proses yang harus dilakukan dalam pelaksanaannya. Sehubungan dengan hal ini, proses penerapan media audiovisual untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam hadits pelajaran Alquran, dapat dilakukan dengan menampilkan Film pendek / film pendek yang dituturkan menggunakan Video Proyektor LCD, Laptop, dan speaker kecil. di mana guru sebagai presenter sedikit menggunakan metode ceramah yang menurut guru sangat efektif dalam menyampaikan materi terkait dengan aplikasi media audio visual di kelas.

  1. Asnawir dan Basyiruddin, Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers, 2001.
  2. Arief Sudirman, Media Pendidikan, Pengembangan dan pemamfaatan, Jakarta: Rajawali, 1990.
  3. Aqib Zainal, Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konseptual (inovatif), Bandung: Yrama Widya, 2015.
  4. Aswan Zain, Syiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
  5. Cepi Riyana, Media Pembelajaran Modul Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan, 2006.
  6. Sanjaya Wina, Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran, Jakarta : Kencana, 2011.
  7. Suwardi, Manajemen Pembelajaran Surabaya: Temprina Media Grafika, 2007.
  8. Sadiman Arief S, Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemamfaatan, Jakarta: Rajawali 1990
  9. Suwardi, Manajemen Pembelajaran, Surabaya: Temprina Media Grafika, 2007.
  10. Sanjaya Wina, Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran,Jakarta : Kencana, 2011

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-14
Published: 2019-06-15
Section: Articles
Article Statistics: 188 1684