Pengaruh Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Fikih terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di MTs Yapis Pattiro Bajo
DOI : 10.30863/aqym.v2i1.594
This paper examines the Influence of Creativity of teachers in the learning process of learning motivation of Peningkaan Jurisprudence Against students at MTs Yapis Pattiro Bajo. The results showed that creativity is the key or the nature of which should be done by the teacher to find new ideas, capable to solve problems, create new works, intelligence that develops in the individual, in the form of attitude, habits, and the action in giving birth to something new and original to solve problems. Learning motivation is the psychic factor is non-intellectual. A typical role is in terms of growth of passion, feeling and passion for learning. Students who have a strong motivation, will have a lot of energy to conduct learning activities. The condition of the teacher of jurisprudence in managing class VIII can be said to be good, which may indicate that the teacher Yapis Pattiro MTs in the defination of Bajo in the process of their learning is already arranged neatly by using skills in hosting a variety, good variety in styles teaching, use of media and materials, and interaction patterns and activities accordingly. So students do not feel bored in the classroom because they felt had help with the presence of a teacher. Because of the creative teacher will never make students feel bored in class and will create a good atmosphere and fun.
Artikel ini meneliti Pengaruh Kreativitas guru dalam proses pembelajaran motivasi belajar Yurisprudensi Peningkaan Terhadap siswa di MTs Yapis Pattiro Bajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas adalah kunci atau sifat yang harus dilakukan oleh guru untuk menemukan ide-ide baru, mampu menyelesaikan masalah, menciptakan karya baru, kecerdasan yang berkembang dalam diri individu, dalam bentuk sikap, kebiasaan, dan tindakan dalam melahirkan sesuatu yang baru dan asli untuk menyelesaikan masalah. Motivasi belajar adalah faktor psikis yang non-intelektual. Peran yang khas adalah dalam hal pertumbuhan gairah, perasaan dan gairah untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi kuat, akan memiliki banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Kondisi guru yurisprudensi dalam mengelola kelas VIII dapat dikatakan baik, yang dapat menunjukkan bahwa guru MTs Yapis Pattiro dalam pembelaan Bajo dalam proses pembelajarannya sudah tersusun rapi dengan menggunakan keterampilan hosting berbagai macam, variasi yang baik dalam pengajaran gaya, penggunaan media dan bahan, dan pola dan kegiatan interaksi yang sesuai. Sehingga siswa tidak merasa bosan di kelas karena merasa merasa telah dibantu dengan kehadiran seorang guru. Karena guru yang kreatif tidak akan pernah membuat siswa merasa bosan di kelas dan akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan menyenangkan.
- Abdul Hasim, Mohamad Surya, Rus Bambang S, Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik Bogor: Ghalia Indonesia, 2010
- Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup Bandung: Alfabeta, 2006. Craft, Anna Mengembangkan Kreativitas Anak London: 2000.
- Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013), h. 1.
- Djamarah, Syaiful Bahri Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis (Cet. III; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005), h. 22.
- Gaffar, Fikri Perencanaan Pendidikan teori dan Metodologi Jakarta: Dirjen Dikti, 1999. Hamalik, Oemar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2001.
- Hamzah B. Uno & Nurdin Muhamad, Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik Cet.V; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
- Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam Solo: Ramadhan, 1991.
- Munandar, Utami Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
- Sadullah, Uyo dkk, Pedagogik (Ilmu Mendidik) Cet; I: Bandung: Alfabeta, 2010.
- Sagala, Syaiful Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan Bandung: Alfabeta, 2009.
- Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
- Siagian, Sondang P. Teori Motivasi dan Aplikasinya Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1995.
- Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
- Sudarma, Momon Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
- Sudarma, Momon Profesi Guru Dipuji, Dikritis, dan Dicaci Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
- Susanto, Ahmad Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
- Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM Jakarta: Bumi Askara, 2014

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.