Ethnomathematics Study at the Djoeang 45 Pekalongan Monument and Its Implementation in Mathematics Learning

Authors

  • Shindy Arizka Novilia UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Lila Dalalah UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Wieke Nur Ilma UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Ahmad Faridh Ricky Fahmi UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

DOI:

https://doi.org/10.30863/didaktika.v18i1.5603

Abstract

Matematika dan budaya saling terkait dalam kehidupan sehari-hari dan memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya manusia. Etnomatematika sebagai kajian yang memadukan matematika dan budaya menjadi relevan dalam merangsang minat siswa dan memberikan motivasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur-unsur etnomatematika pada Monumen Djoeang 45 Kota Pekalongan dan mengimplementasikannya dalam pendidikan matematika di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, meliputi observasi, dokumentasi, dan telaah pustaka. Monumen Djoeang 45 Pekalongan sebagai objek penelitian memiliki arsitektur yang merefleksikan konsep matematika. Beberapa struktur dan motif batik Jlamprang yang menyelimuti monumen memberikan kontribusi terhadap kajian etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Monumen Djoeang 45 memuat konsep matematika seperti luas lingkaran, volume, dan luas permukaan bangun ruang tiga dimensi. Motif batik Jlamprang yang menyelimuti monumen juga memuat konsep refleksi geometri. Dalam implementasi pendidikan matematika, Monumen Djoeang 45 dapat dijadikan sebagai sumber belajar kontekstual. Para guru dapat memanfaatkan objek dan konsep matematika yang terdapat di monumen ini untuk memperkaya pengalaman belajar dan memotivasi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan matematika dengan pendekatan etnomatematika, menjembatani kesenjangan antara budaya, pendidikan, dan matematika.

 

Kata Kunci: Etnomatematika, Monumen, Batik, Pekalongan

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Novilia, S. A., Dalalah, L., Ilma, W. N., & Ricky Fahmi, A. F. (2024). Ethnomathematics Study at the Djoeang 45 Pekalongan Monument and Its Implementation in Mathematics Learning. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 18(1), 12–25. https://doi.org/10.30863/didaktika.v18i1.5603

Issue

Section

Artikel

Citation Check