Wajah Baru Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi dan Analisis Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi

Zuha El Widad* -  Magister of Islamic Education, Hasyim Asyari University, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
M. Yunus Abu Bakar -  Magister of Islamic Education, State Islamic University of Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v4i1.1768

Tak dapat dipungkiri virus covid-19 ini merubah semua tatanan pendidikan di berbagai negara tak terkecuali Indonesia yang dengan hal ini memberikan wajah baru bagi Pendidikan Indonesia tujuan dari artikel ini penulis ingin meninjau problematika kebijakan pendidikan dikala pandemi, terbukti dengan berbagai problematika yang muncul seperti sulitnya mencapai tingkat pemahaman siswa, keterbatasan pengetahuan teknologi, keterbatasan sarana prasarana karena perbedaan wilayah dan lain lain. Namun di sisi lain kebijakan tersebut telah memberikan dampak terhadap proses transformasi baik dari peserta didik pendidik maupun orang tua, Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
  1. Ally, Mohamed. “Competency Profile of the Digital and Online Teacher in Future Education” 20, no. 2 (2019).
  2. Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Scholaria 10, no. 3 (2020): 282–289.
  3. Bahrudin Efendi Damanik. “Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar | Damanik | Publikasi Pendidikan.” Publika JOurnal. Last modified 2019. Accessed January 11, 2021. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/7739/pdf.
  4. Hakim trusan. “Belajar Secara Efektif - Google Buku,” 2010.
  5. Hanson, Ardis, and John Abresch. “Socially Constructing Library as Place and Space.” Advances in Library Administration and Organization. Emerald Group Publishing Ltd., 2016.
  6. Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6, no. 2 (June 30, 2020):
  7. – 199–190 – 199. Accessed January 11, 2021.
  8. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/689.
  9. Pendidikan, F Dwiyama - Adaara: Jurnal Manajemen, and undefined 2018. “Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu DI MTsN Watampone Kabupaten Bone.” mail.jurnal.iain-bone.ac.id (n.d.). Accessed August 25, 2020. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/viewFile/285/205.
  10. Widya Sari, Andi Muhammad Rifki, Mila Karmila. “ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT
  11. COVID 19 | Sari | JURNAL MAPPESONA.” Mappesona.
  12. “METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI - Dr. Tehubijuluw Zacharias, S.Sos, M.Si., Prof. Dr. Wenno, I.H, S.Pd, M.Pd., Dr. Samson Laurens, MT. M.Si. - Google Buku.”
  13. “Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan - Meda Yuliani, Janner Simarmata, Siti Saodah Susanti, Eni Mahawati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Muttaqin Muttaqin, Ika Yuniwati - Google Buku.”
  14. “PENGANTAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN - Dr. I Gede Sedana Suci, S.E, M.Ag, Hadion
  15. Wijoyo, S.E., S.H., S.Sos., S.Pd., M.H., M.M., Ak., CA., QWP®, Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M.Pd.I.”
  16. “PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19 |
  17. MEGAWANTI | Jurnal Faktor UNINDRA.” Accessed January 11, 2021. https://journal.lppmunindra.ac.id/i

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-08-25
Published: 2021-08-25
Section: Articles
Article Statistics: 1047 2216