Manajemen Unit Bahasa Asing (UNIBA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone

Fitriani Fitriani* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Fitriani Fitriani -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Hasbullah Hasbullah -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v6i2.6001

 

Penelitian ini dilakukan di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen unit bahasa asing (UNIBA) santri dan kemampuan bahasa asing santri di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatam pedagogik. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan manajemen yang baik akan dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing santri di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone.

 

 

Keywords
Kata Kunci: Manajemen, Bahasa Asing, Kemampuan Bahasa Asing
  1. Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. syakir Media Press. Asrori, M. A. dan M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan.
  2. K, A. (2013). Tahapan dan Langkah-Langkah Penelitian.
  3. Kadir, B. (2013). Implikasi Komunikasi Interpersonal dalam Pengembangan Bahasa Asing Santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bone.
  4. Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan.
  5. Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Sodik, S. S. dan A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-01-10
Published: 2023-06-17
Section: Articles
Article Statistics: 32 13