Efektifvitas Konseling Bermain dalam Meningkatkan Konsep Diri Anak

Nurhasanah R* -  Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v6i2.5159

Penelitian ini membahas efektivitas  konseling  bermain  dalam  meningkatkan konsep diri anak di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan  Sinjai Tengah  Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penerapan konseling bermain pada anak kelompok A, mendeskripsikan konsep diri anak pada kelompok A, mengetahui  efektivitas  konseling  bermain  dalam  meningkatkan konsep diri anak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan  Sinjai Tengah  Kabupaten Sinjai. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan  metode penelitian kualitatif, dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan  Sinjai Tengah  Kabupaten Sinjai maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan konseling bermain pada anak kelompok A merupakan kegiatan di mana guru membentuk suatu kelompok kecil bersama dengan anak didik, dan di dalamnya, guru memberikan penjelasan tentang kegiatan bermain yang ingin dilakukan oleh anak didik.

Keywords
Konseling, Bermain, Konsep diri
  1. Al-Mighwar , M., Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia, 2006
  2. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006
  3. Azwar, Saifudin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2009
  4. Corey, Gerald. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi, Bandung : Refika, 2003
  5. Dayakisni, Psikologi sosial Edisi Revisi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2003
  6. Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Jumanatul Ali Art, 2004
  7. Depdiknas, Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Ditjen PLS, Dit. Pendidikan Anak Usia Dini, 2006
  8. Gunarsah, Singgih, Psikologi Praktis:Anak, Remaja, dan Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia, 2001
  9. http://fitrika1127.blogspot.co.id/2012/05/konseling-bermain.html diakses pada tanggal 10 Agustus 2022
  10. Hurlock, Elizabeth, Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2005
  11. Kartono, Kartini, Patologi Sosial, Jakarta: CV Rajawali, 1997
  12. Latipun. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2003
  13. Montolalu, Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008
  14. Moleong J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
  15. Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
  16. Mulayana, Dedy. Ilmu Komunikasi suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
  17. Naisaburi., Pengantar Konseling, Malang: UMM Press, 1998
  18. Nasution, Metode Reserch Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
  19. Nursalim dkk. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press, 2005
  20. Prayitno. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan profil), Jakarta: Gahalia Indonesia, 1995
  21. Poerwadarminta. W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IV, Jakarta: Balai Pustaka, 1976
  22. Rakhmat J, Psikologi Komunikasi,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
  23. Rizkiyani, NIM 081111010, Skripsi: Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang, (Semarang: Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2012) diakses pada tanggal 12 Agustus 2022
  24. Sobur, Alex. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah, Bandung: Pustaka Setia, 2003
  25. Subagyo ,Joko, Metode Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
  26. Suyadi, Bimbingan Konseling Untuk PAUD, Jogjakarta: Diva Press, 2009
  27. Sugiyono. Memamahi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010
  28. Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2005

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-07-28
Section: Articles
Article Statistics: 73 79