Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79 TA Kabupaten Bone

Muliati P* -  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR, Indonesia
Hasan Basri -  IAIN Bone
Hasbullah Hasbullah -  IAIN Bone
Jamaluddin M - 

DOI : 10.30863/mappesona.v6i1.3210

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79 TA. Pokok permasalahannya adalah bagaimana strategi pengelolaan administrasi sekolah dan faktor penghambat serta pendukung dalam pengelolaan administrasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 12/79 TA. Jenis penelitian yang digunakanadalah kualitatif, dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79 TA adalah melakukan perencanaan terkait tujuan yang akan dicapai, melakukan pengorganisasian dalam pembagian tugas, melakukan penggerakkan dengan memotivasi dan berkomunikasi dengan administrator, melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi hasil kerja administrator. Faktor penghambat pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres 12/79 TA, yaitu kemampuan yang dimiliki administrator yang masih kurang, keterbatasan tenaga administrasi yang membuat hasil kerja kurang maksimal serta terkadang masih kurang disiplin dalam bekerja serta faktor pendukung pengelolaan administrasi sekolahyaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses administrasi, tersedianya fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan saat ini, serta memaksimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia sehingga dapat mempermudah pekerjaan.

Keywords
Administrasi, Manajemen,Strategi
  1. Aris, M. (2019). Dinamika Pengelolaan Administrasi Sekolah di SD Negeri 2 Beutong Ateuh Banggalan Kabupaten Nagan Raya.
  2. Burhan, B. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.
  3. Candra, W., & Muhammad, R. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Perdana Publishing.
  4. Gumilar, S. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Sosiologi Humaniora, 9, 58.
  5. Imam, G., Teguh, T., Desi, K. E., Muhammad, R., Mutya, A., & Riski, W. A. (2018). Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kota Batu: Studi Deskriptif. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 468.
  6. Muhammad, M., & Hafizahtul, R. (2020). Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen Dan Supervise Pendidikan, 4, 233.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-11-01
Published: 2023-07-28
Section: Articles
Article Statistics: 236 66