Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone

asnani asnani* -  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR, Indonesia
Astuti Astuti -  IAIN Bone, Indonesia
Fajri Dwiyama -  IAIN Bone, Indonesia
Jamaluddin Majid -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v6i1.3208

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SMP Negeri 4 Awangpone meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program kesiswaan. Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Awangpone cukup baik, dilihat dari perilaku siswa yang menghargai peraturan sekolah serta mampu mengaplikasikan penghargaannya melalui perbuatan dan tindakannya. Meskipun masih ada yang melanggar tetapi itu dilakukan oleh siswa yang kurang kesadaran akan pentingnya kedisiplinan sehingga selalu diberikan bimbingan oleh pihak sekolah agar membiasakan diri dengan sikap disiplin yang ditunjukkan melalui sikap ketaatan, kesetiaan dan ketertiban siswa terhadap peraturan sekolah. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan melalui kegiatan seperti: kegiatan orientasi yaitu melakukan sosialisasi mengenai tata tertib sekolah, melakukan apel pagi dan pulang untuk memberikan arahan kepada siswa agar menanamkan sikap disiplin dalam dirinya serta melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk melatih siswa dalam hal kedisiplinan. Baik disiplin waktu, berpakaian maupun disiplin dalam bersikap.

Keywords
Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan
  1. Ali Imron. (2016). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah (p. 173). Bumi Aksara.
  2. Minarti, S. (2012). Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri (p. 156). Ar-Ruzz Media.
  3. Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan (p. 107). Rajawali Pers.
  4. Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan (p. 60). Remaja Rosdakarya.
  5. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  6. Wijaya, H. & H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (p. 69). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
  7. Yusuf, S. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosadakarya.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-10-31
Published: 2023-07-28
Section: Articles
Article Statistics: 335 136