Pentingnya Administrasi Humas dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMAN 13 Bone

Nurul Qalbi Qalbi* -  Jurusan Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Nursyafika . -  Jurusan Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Zulpadli . -  Jurusan Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v5i1.2498

Sekolah sebagai satuan pendidikan yang memberikan dasar untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya maka perlu disadari urgentnya sekolah yang bermutu. Salah satu upaya menuju sekolah bermutu dengan implementasi administrasi sekolah, salah satu diantaranya administrasi humas. Humas merupakan pengembangan dan pemeliharaan kerjasama yang efisien untuk menyampaikan saluran informasi antara pihak sekolah dan masyarakat di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan pentingnya administrasi humas dalam meningkatkan mutu sekolah di SMAN 13 Bone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan tiga teknik pengumpulan data, yaitu (1) wawancara mendalam (indepthinterview), (2) observasi dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun dari langkah-langkah penelitian tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa kehumasan sendiri dilakukan secara “TIM yang solid” di bawah koordinasi Kepala Sekolah dengan staf guru baik dari perencanaan sampai dengan pengawasan. Dalam meningkatkan mutu sekolah di SMAN 13 Bone melibatkan pemerintah, tokoh masyarakat termasuk warga sekolah, orangtua siswa melalui komite sekolah, dan sekolah itu sendiri yang terdiri dari kepala sekolah, guru, maupun staf. Jadi untuk meningkatkan mutu sekolah keempatnya itu harus terlibat langsung. Yang nantinya akan dilakukan rapat untuk menyampaikan program-program sekolah yang dapat menunjang terciptanya peningkatan mutu sekolah.
Keywords
Administrasi; Hubungan Masyarakat; Mutu Sekolah
  1. Mastuhu. “Universitas Islam di Tengah Kompetisi Global”, dalam M. Zainuddin dan Muhammad In’am Esha (Ed.), Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Upaya Merespons Dinamika Masyarakat Global. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta bekerjasama dengan UIN Pres, 2004.
  2. Muhaimin. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Cet. IV; Jakarta: Prenadamedia Group, 2012.
  3. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
  4. Suryadi, Ace dan H.A.R. Tilaar. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
  5. Sutisna. Administrasi Pendidikan. Bekasi: Gramata Publishing, 2016.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-13
Published: 2022-02-15
Section: Articles
Article Statistics: 1162 1900