Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI Pesantren Modern Bone Macope

Andi Chandrakirana* -  Fakultas Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Bone, Indonesia
Almawardy . -  Fakultas Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Bone, Indonesia
Widia Sari -  Fakultas Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v4i3.2489

Kualitas pendidikan menjadi salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan pendidikan, dalam peningkatan kualitas pendidikan sangat berhubungan erat dengan lingkungan sekitar yang meliputi partisipasi masyarakat, demi meningkatkan kualitas pendidikan maka diperlukan peran aktif masyarakat untuk ikut andil berpartisipasi dalam program atau proyek pendidikan. sangat penting memahami bentuk partisipasi apa yang tepat dilakukan oleh masyarakat guna menunjang terciptanya peningkatan kualitas pendidkan, dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif serta dengan teknik analisis fakta dan data diharapkan dapat menganalisis lebih dalam bentuk partisipasi apa yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. partisipasi masyarakat sangat diperlukan baik itu secara langsung maupun tidak langsung, kerja sama dari pihak sekolah juga penting untuk mensosialisasikan bentuk pasrtisipasi apa yang bisa masyarakat berikan untuk menunjang proses pendidikan, jadi dibutuhkan kerja sama, komunikasi , dan hubungan yang baik antara masyarakat dengan sekolah dalam mencptakan partisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Keywords
partisipasi masyarakat; kualitas pendidikan.
  1. Purwananti, Yepi Sedya. “Penigkatan Kualitas Pendidikan Sebagai Pencetak Sumber Daya Manusia Handal”. Jurnal Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education). Vol. 1 Mei 2016.
  2. Kartikasari, Diah Arum. “Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatkan Mutu Sekolah di SMP Negeri 8 Yokrakarta dan SMP Negeri 15 Yokyakarta”. ( Skripsi, Program Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2014).
  3. Mukhid, Abd. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Sistem Pembelajaran yang Tepat”. Jurnal Tadrîs, Vol. 2, No. 1 2007.
  4. Rohimat, Dadan. Dkk. “Partisipasi Masyarakat dalam Implementadi Program Kotaku/PNPM di Kecamatan Ciawi”. Jurnal GOVERNANSI ISSN 2442-3971 Vol. 3 No. 2, 2017.
  5. Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-12
Published: 2021-10-30
Section: Articles
Article Statistics: 226 820