Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Murid Di Mts Al-Hidayah Bakke

Juwita .* -  Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Vika Puspita -  Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Meldayanti . -  Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/mappesona.v4i2.2487

Dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya manajemen humas yang baik, dan untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan tersebut perlu meningkatkan partisipasi dari orang tua peserta didik. Implementasi manajemen humas dalam meningkatkan hubungan baik denganorang tua peserta didik membutuhkan strategi yang tepat dalam merencanakan kegiatan sekolah agar bermanfaat bagi masyarakat dan orang tua peserta didik. Salah satu kunci sukses sebuah lembaga pendidikan dalam menjalankan tugas dan perannya adalah dapat membina hubungan baik dengan masyarakat khususnya dalam meningkatkan partisipasi orang tua murid demi tercapainya tujuan lembaga pendidikan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen humas pada lembaga pendidikan, implementasi strategi humas sekolah, serta cara membangun hubungan baik antara sekolah dengan orang tua murid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.

Keywords
implementasi manajemen humas; meningkatkan partisipasi orang tua
  1. ABDULLAH K, “TAHAPAN DAN LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN”, Watampone: Luqman Al-Hakim Press (2013).
  2. ARAZAKIBSR, “SISTEM TEKNIK DOKUMENTASI” https://canducation.com/sistem-teknik-dokumentasi-sistem-documentation-technique/, 21 Januari 2021, Pukul 15.45 WITA.
  3. HARYANTO, “PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHKLI” (2012). http://belajarpsikologi.com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakses pada tanggal 21 Januari 2021, Pukul 15.20 WITA.
  4. JUHJI, “MANAJEMEN HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN”, Bandung: Widina Bhakti Persada, (2020).
  5. KHOIRU, EKA NISA, “MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN BAIK ANTARA SEKOLAH DENGAN WALI SISWA” Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (2019).
  6. YUSNIAR, “CARA MENJAGA HUBUNGAN GURU DENGAN ORANG TUA SISWA” (2018). https://yusniarbrpurba.blogspot.com/2018/01/makalah-cara-menjaga-hubungan-guru.html?m=1 diakses pada tanggal 22 Januari 2021 pukul 10.35 WITA.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-12
Published: 2021-06-30
Section: Articles
Article Statistics: 682 892