EFEKTIFITAS KEBIJAKAN PROGRAM BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PRODI MPI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BONE
DOI : 10.30863/mappesona.v3i2.1798
Perilaku belajar sangat penting bagi mahasiswa, salah satu upaya untuk
meningkatkan perilaku belajar mahasiswa adalah dengan pemberian beasiswa
bidikmisi yang bisa membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik
tetapi kurang di bidang ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
(1) Efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi pada mahasiswa
penerima bidikmisi, (2) Perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa
bidikmisi, (3) pengaruh efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi
terhadap perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Metode
penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi terhadap perilaku belajar
mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam (MPI) institut agama islam negeri
(IAIN) Bone cukup baik, dengan diberikan rasa tanggung jawab sedikit oleh beasiswa
yang ia dapatkan. Sehingga mahasiswa tersebut tidak lalai dalam menjaga
beasiswanya agar tetap menjadi salah satu dukungan untuk terus belajar di bangku
perkuliahan.
meningkatkan perilaku belajar mahasiswa adalah dengan pemberian beasiswa
bidikmisi yang bisa membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik
tetapi kurang di bidang ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
(1) Efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi pada mahasiswa
penerima bidikmisi, (2) Perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa
bidikmisi, (3) pengaruh efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi
terhadap perilaku belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Metode
penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
efektivitas kebijakan program beasiswa bidikmisi terhadap perilaku belajar
mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam (MPI) institut agama islam negeri
(IAIN) Bone cukup baik, dengan diberikan rasa tanggung jawab sedikit oleh beasiswa
yang ia dapatkan. Sehingga mahasiswa tersebut tidak lalai dalam menjaga
beasiswanya agar tetap menjadi salah satu dukungan untuk terus belajar di bangku
perkuliahan.
- Afiif, Ahmad, and Ridwan Idris. “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Perilaku
- Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan
- Keguruan Uin Alauddin Makassar.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan
- Keguruan 19, no. 2 (2016): 131–145.
- Kinkin Ladaruslan, 2014 Efektivitas Pemberian Beasiswa Bidikmisi Terhadap Perilaku Belajar
- Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jpts Fptk Upi Universitas Pendidikan
- Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu” (2006).
- Saril,Peningkatan Mutu pendidikan. “TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SEBAGAI
- WUJUD PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ,” no. 2 (2019): 963–972.
- Poerwati, Tjahjaning. “Pengaruh Perilaku Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik
- Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.” Jurnal Fakultas
- Ekonomi Universitas STIKUBANK 1 (2011): 1–25.
- Petunjuk Teknis Program Bidik Misi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 2016
- Sutarjo Adisusilo, J.R, Pembelajaran dan Nilai Karakter (Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo
- Persada, 2014
Copyright (c) 2021 JURNAL MAPPESONA
Article Info
Submitted: 2021-09-11
Published: 2020-05-03
Section: Articles