Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di MTsN 1 Watampone

Mauliana Sari* -  IAIN Bone, Indonesia
Sri Musdalifah -  IAIN Bone, Indonesia
Eka Anatami Asfar -  IAIN Bone, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam upaya pemerataan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran KIP MTsN 1 Watampone  adalah siswa yang memiliki kartu KIP sebanyak 165 siswa. Hasil dari pelaksanaan KIP dapat mendukung upaya pemerataan pendidikan, hal ini ditandai dengan siswa yang menerima dana KIP memenuhi kriteria kondisi keluarga siswa yang ditentukan dari kepemilikan KPS sehingga siswa yang tidak sekolah atau pendidikannya terhalang biaya dapat bersekolah serta terwujudnya pendidikan yang merata. Faktor pendukung implementasi KIP: informasi dari pihak dinas secara rutin ke sekolah dan secara online, Dapodik digunakan pemerintah sebagai salah satu indikator penentuan sasaran penerima KIP, adanya rasa saling percaya antara pihak sekolah dengan siswa eserta orang tua terhadap penggunaan dana KIP, siswa menjadi lebih aktif karena peralatan sekolah dapat terpenuhi. Faktor penghambat: evaluasi program KIP yang dilaksanakan pada setiap periode program menyebabkan terjadinya perubahan khusunya pada mekanismenya, Penyelewengan dana KIP, kesulitan mengumpulkan kuitansi atau bukti penggunaan dana KIP.

  1. Arwildayanto, Arifin Sulking, and Warni Tune Sumar, ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN Kajian Teoritik, Eksploratif, Dan Aplikatif, 2018
  2. Astuti, Rini Septiani, ‘Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Tahun Ajaran 2015/2016 Di SMPN 1 Semin’, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 2, VI (2017), 21–27
  3. Budiarti, Desi Putri, ‘Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Di SD Negeri Badal II Tahun Ajaran 2016/2917’, Dinamika Manajemen Pendidikan, 2.1 (2017), 1–7
  4. Dwiyama, F, A Adriani, … I Ismia - Adaara: Jurnal, and undefined 2020, ‘Manajemen Humas: Membangun Peran Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan’, Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id [accessed 25 August 2020]
  5. Pendidikan, F Dwiyama - Adaara: Jurnal Manajemen, and undefined 2018, ‘Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu DI MTsN Watampone Kabupaten Bone’, Mail.Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id [accessed 25 August 2020]
  6. Rohaeni, N Eni, and Oyon Saryono, ‘Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar ( PIP ) Melalui Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan’, Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2.1 (2018), 204
  7. Sulaiman, ‘Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyahal-Falah Arungkeke Kabupaten Jeneponto’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8.1 (2019), 848–70

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-08-26
Section: Articles
Article Statistics: 69 88