Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Nurhasanah R* -  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Bone, Indonesia
Adriani Adriani -  Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Bonita Bilqis -  Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Ausia Ariana Putri -  Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa untuk melaksanakan perannya, komite sekolah harus menyusun program kerja atau sebuah perencanaan program dan dalam hal ini komite sekolah membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat mewujudkan tujuan-tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Peran komite sekolah sudah baik sebagai pemberi pertimbangan, pelaksanaannya pengamatan peneliti dalam bentuk pemberian masukan dalam hal sarana dan prasarana. Selain peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan juga sebagai pendukung sekolah baik dalam tujuan pencapaian sekolah dan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Komite sekolah cukup baik dalam membina hubungan dengan masyarakat serta menjalin komunikasi dan kerjasama dengan tenaga pendidik, orang tua siswa dan tokoh masyarakat dalam mengembangkan mutu pendidikan sekolah.

  1. Danim, Sudarman. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
  2. Dwiyama, F, A Adriani, … I Ismia - Adaara: Jurnal, and undefined 2020. “Manajemen Humas: Membangun Peran Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan.” jurnal.iain-bone.ac.id (n.d.). Accessed August 25, 2021. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/view/868.
  3. F Dwiyama - Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan and undefined 2019, “BRAND IMAGE: UPAYA MEMASARKAN PENDIDIKAN BAGI LEMBAGA YANG KURANG MAMPU BERSAING,” mail.jurnal.iain-bone.ac.id (n.d.), accessed August 27, 2020, https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/viewFile/424/349.
  4. K, ABDULLAH. “Urgensi Impelementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 744–760.
  5. Khaeruddin. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Yogyakarta: Pilar Media, 2007.
  6. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
  7. Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
  8. Mulyono. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
  9. Pendidikan, F Dwiyama - Adaara: Jurnal Manajemen, and undefined 2019. “BRAND IMAGE: UPAYA MEMASARKAN PENDIDIKAN BAGI LEMBAGA YANG KURANG MAMPU BERSAING.” mail.jurnal.iain-bone.ac.id (n.d.). Accessed August 25, 2021. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/viewFile/424/349.
  10. Pohan, Muhammad Munawir. “Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Ansiru PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018).
  11. Rahmad, Akbariz. “Rendahnya Mutu Pendidikan Kita.” Http://Akbarizrahmads.Blogspot.Com/2010/03/Rendahnya-Kualitas-Pendidikan-Di.Html?
  12. Riyanti, Denti Ria. “Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Pembangunan UIN Jakarta” (2016).
  13. Suparlan. Membangun Sekolah Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008.
  14. Surjana, Latief. “Fungsi Dan Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan : Studi Di SMK Negeri 2 Dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 1, no. 2 (2017).
  15. Zahroh, Aminatul. Total Quality Managemen. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
  16. “Metode Penelitian.” Https://Dunianyasiayu.Files.Wordpress.Com/2009/12/Metodepenelitian12.Pdf.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-08-25
Published: 2021-02-23
Section: Articles
Article Statistics: 66 57