BIMBINGAN KARIR DALAM PENGEMBANGAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN BONE

Baharuddin Baharuddin -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Ayu Aspila Bahri* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian tentang bimbingan karir dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HM-PS BPI) yang bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana bimbingan karir dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan keterampilan, pemahaman diri, dan pengembangan karir bagi mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HM-PS BPI) tahun 2023 dan peserta pelatihan Training Of Counselor (TOC) sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dangan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bimbingan karir disajikan dalam bentuk program kerja berupa pelatihan yang bernama Training Of Counselor (TOC) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia. Hal tersebut dilihat bahwa Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HM-PS BPI) merupakan organisasi yang masih baru sehingga kualitas dan kuantitas sumber daya manusia masih perlu ditingkatkan dan membutuhkan upaya dalam pengembangan kapasitas. Adapun hasil dari penelitian yaitu dengan terlaksananya layanan bimbingan karir melalui program kerja pelatihan, terdapat beberapa peningkatan seperti pengetahuan tentang karir yang selaras dengan program studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dan peningkatan keterampilan peserta yang sudah mampu melakukan layanan konseling sebaya terhadap teman-temannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa bimbingan karir dapat mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HM-PS BPI).
Keywords
Bimbingan Karir; Pengembangan Kapasitas; Sumber Daya Manusia
  1. Aisyah, Umi dan Nariyah Sulistiani. Metode Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Anak Asuh Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Sosial Asuhan Anak (UPTD PSAA) Budi Asih Bandar Lampung. Jurnal Literasiologi, Vol. 1 No. 2. Juli-Desember 2019.
  2. Erawati, Tuty. Capacity Building Organisasi Studi Pada Kelurahan Teluk Betung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung. Diaspora: Sosiohumaniora Vol. 1 No. 1. Januari-Juni 2018.
  3. Hartono. Bimbingan Karir. Cet.2; KENCANA: Jakarta, 2018.
  4. Hasil wawancara yang dilakukan dengan Mardinianti, Koordinator
  5. Departemen Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HM-PS BPI) di daerah pada tanggal 08 Desember 2023.
  6. Hasil wawancara yang dilakukan dengan Syamsidar, peserta pelatihan Training Of Counselor (TOC) pada tanggal 10 Desember 2023.
  7. Hidayat, Dede Rahmat. Dkk. Karier Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Cet.1; CV Jejak, anggota IKAPI: Jawa Barat, 2019.
  8. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.
  9. Ma’ruf, Mu’min. dkk. Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Usaha Kecil Dan Menengah Bidang Pertanian Di Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor. Vol. 6 No. 1. 2021.
  10. Masdudi. Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cet.1; CV Pangger: Cirebon, 2015.
  11. Rusman. Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. Vol 1, No. 2, 2022.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-01-14
Published: 2024-01-14
Section: Articles
Article Statistics: 65 74