Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Journal of Community Service (JCS)?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Aturan Penulisan

Dewan editorial Journal of Community Service: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Bone mengundang anda untuk mengirimkan artikel guna diterbitkan dalam jurnal ini. Prosedur pengajuan dilakukan secara online dengan mengirimkan soft file ke JCS, penulis membuktikan bahwa: pengajuan adalah karya asli, bebas dari segala bentuk plagiarisme (teks, data dan angka). Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain. Pengajuan telah disetujui oleh semua penulis bersama dan otoritas terkait (mis. institusi atau sponsor).

Artikel ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia yang baik dan bebas dari kesalahan tata bahasa. Namun, sangat disarankan untuk mengirimkan artikel dalam bahasa Inggris. Telah diperiksa dengan alat proofreading (mis. Grammarly) dan, jika mungkin, proofreaded oleh editor bahasa. Pengajuan ke JCS harus melalui sistem pengiriman online. Tidak ada persyaratan format yang ketat untuk pengiriman awal, selama struktur artikel sesuai dengan pedoman kami (lihat bagian struktur manuskrip di bawah). Artikel yang maju ke tahap revisi akan diminta untuk diformat dengan tepat (lihat bagian pemformatan). Ini memungkinkan penulis untuk fokus pada konten ilmiah dari artikel mereka, bersamaan dengan mempercepat waktu pemrosesan artikel.

Registrasi penulis. Penulis tanpa akun Jurnal Community Service: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat diharuskan membuat akun sebelum memulai pengirimannya. Pastikan bahwa peran “Penulis” dipilih di menu tarik-turun peran, jika tidak, anda tidak akan dapat melanjutkan pengiriman. Data penulis. Penulis yang menyerahkan artikel, wajib mengisi data penulis saat pengiriman. Harap pastikan bahwa alamat afiliasi lengkap dan ditulis persis seperti yang muncul pada artikel. Metadata manuskrip. Harap lengkapi setidaknya informasi berikut yang berkaitan dengan artikel: 

  1. Judul. Isi kolom judul artikel dalam kasus kalimat.
  1. Abstrak. Tempel abstrak ke bidang abstrak; pastikan bahwa pemformatan konsisten dengan manuskrip (mis. superskrip dan miring).
  2. Kata kunci. Berikan maksimum enam kata/frasa, dipisahkan dengan titik koma.
  3. Referensi. Referensi harus ditulis sesuai dengan APA (gaya referensi yang dipilih Journal of Community Service, tetapi dengan nama jurnal yang ditulis lengkap (tidak disingkat). Pisahkan setiap referensi individu dengan garis kosong.
  4. Sampul surat. Selain manuskrip dan file tambahannya, sertakan surat pengantar singkat yang menyatakan pentingnya penelitian dan kebaruan hasil, serta bagaimana itu akan menarik bagi pembaca Journal of Community Service. Penulis dapat secara opsional menyarankan dua pengulas potensial dari institusi yang berbeda untuk naskah mereka, yang dengannya tidak ada konflik kepentingan.
  5. Halaman judul. Berisi judul artikel, diikuti oleh nama penulis, afiliasi, dan email korespondensi.
  6. Lampiran. File tambahan apa pun seperti kuesioner dan data pendukung lainnya tidak lebih dari 3 halaman.

 

Struktur Artikel

Judul. Gunakan judul yang ringkas dan informatif dalam kasus kalimat, dengan maksimum 16 kata.

Afiliasi. Berikan alamat pos lengkap dari afiliasi masing-masing penulis, termasuk nama jalan dan nomor, kota, kode ZIP, dan negara. 

Abstrak. Harus terdiri dari satu paragraf tidak lebih dari 200 kata. Berikan latar belakang dan tujuan dari artikel, hasil utama, dan kesimpulannya. Hindari menggunakan singkatan dan kutipan.

Kata kunci. Sertakan maksimum enam kata kunci atau frasa, disusun menurut abjad dan dipisahkan menggunakan tanda titik koma (;). Gunakan istilah spesifik dan relevan yang tidak muncul dalam judul, sehingga artikel lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Jangan gunakan istilah yang terlalu umum atau terlalu panjang.

Pendahuluan. Bagian ini harus secara singkat menjelaskan latar belakang penelitian, memberikan ulasan singkat tentang literatur terkait, menyatakan keaslian penelitian, dan menyatakan tujuan penelitian. Bagian ini juga membahas masalah, tantangan, atau persyaratan faktual dan aktual yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan tujuan penelitian.

Tinjauan pustaka atau konseptual. Tinjauan literatur adalah ringkasan dan penjelasan tentang kondisi pengetahuan lengkap dan terkini tentang topik terbatas seperti yang ditemukan dalam buku-buku akademik dan artikel jurnal. Analisis konseptual hanya akan mencakup referensi untuk karya-karya yang diperlukan untuk analisis (meskipun secara subyektif menghilangkan karya yang mungkin bertentangan dengan analisis tidak dapat diterima dalam karya ilmiah).

 

Desain penelitian

Gabungkan metode dan prosedur yang digunakan menjadi satu bagian naratif. Informasi yang cukup harus disediakan untuk memungkinkan pengulangan penelitian. Untuk sumber komersial materi, nama perusahaan, dan kota dan negara di mana mereka berada harus ditunjukkan. Metode yang sudah diterbitkan harus ditunjukkan dengan referensi, dengan hanya modifikasi yang relevan dijelaskan di sini; misalnya “Kelarutan bubuk dievaluasi sesuai dengan metode yang diusulkan oleh Smith (2000), dengan modifikasi. Dalam kasus penelitian ini, bubuk diaduk dalam 25 mL air, suling selama 5 menit menggunakan blender” ; atau “Uji kelarutan bubuk mengikuti metode Smith (2000), dengan modifikasi dalam volume air. Bubuk diaduk dalam 25 mL air suling selama 5 menit menggunakan blender".

 

Hasil

Jelaskan hasil penelitian. Data harus disajikan sesingkat mungkin, dan dalam bentuk tabel atau gambar jika sesuai, meskipun tabel yang sangat besar harus dihindari. Jika perlu, bagian ini dapat digabungkan dengan bagian diskusi menjadi bagian hasil dan diskusi.

 

Diskusi

Bagian ini harus menjadi interpretasi hasil pekerjaan (bukan pengulangan dari mereka) dalam konteks penelitian sebelumnya. Hindari referensi literatur yang diterbitkan secara berlebihan. Jika perlu, bagian ini dapat digabungkan dengan bagian hasil menjadi bagian hasil dan diskusi. 

 

Kesimpulan

Kesimpulan utama dari penelitian ini dapat disajikan dalam bagian kesimpulan yang berdiri sendiri atau dimasukkan sebagai subbagian dari bagian Diskusi.

 

Ucapan Terima Kasih

Mengakui siapa saja yang berkontribusi dalam penelitian ini, serta dana atau hibah yang diterima untuk mendukungnya. Nama-nama organisasi pendanaan harus ditulis lengkap, bersama dengan nomor hibah, jika tersedia. Sebutkan setiap orang yang membantu anda selama studi (mis. Bantuan dengan desain atau analisis studi, atau panduan melalui area studi), atau menulis artikel (mis. Memberikan nasihat tentang bahasa, mengedit, atau mengoreksi artikel). Minat bersaing. Nyatakan setiap kepentingan yang bersaing, seperti segala hubungan keuangan, profesional, atau pribadi yang relevan dengan pekerjaan yang diajukan. Ini dapat mencakup nama sumber pendanaan dan deskripsi peran mereka dalam desain penelitian, pengumpulan dan analisis data, penulisan artikel, dan / atau keputusan untuk mengirimkan artikel ke Journal of Community Service; apakah mereka melayani atau sebelumnya melayani di dewan editorial Journal of Community Service: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat; dan / atau apakah mereka bekerja atau telah bekerja untuk organisasi yang dapat mengambil manfaat dari publikasi artikel.

 

Referensi

Daftar semua item menurut abjad. Sastra yang dikutip selama konstruksi makalah termasuk dalam daftar pustaka. Untuk tujuan efisiensi dan keringkasan, hindari menggunakan lebih dari 40 referensi dan kurang dari 10, terdiri dari 70% referensi jurnal dan 30% referensi buku. Referensi jurnal minimal 5 tahun terakhir, sedangkan referensi buku. Journal of Community Service: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan format APA 6th Edition (American Psychological Association).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.