Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Community Service : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Jurnal ini meliputi berbagai kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu dengan menggunakan dua bahasa (Inggris dan Bahasa Indonesia). Fokus dan ruang lingkup pengabdian masyarakat pada jurnal ini diantaranya Collaborative Governance, Pendidikan, Knowledge Transfer for Community Development, Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal, Sustainable Livelihood, Sosiologi, Globalisasi dan Transformasi Sosial, Ekonomi Kreatif, Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, Hukum, Rekayasa Sosial, Manajemen Konflik, dan Literasi Informasi Digital.

Journal of Community Service diterbitkan dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). Setiap penulis yang tertarik dapat mengirimkan artikel mengikuti pedoman pengiriman. Silakan baca panduan ini dengan seksama. Penulis yang ingin mensubmit artikel mereka di Journal of Community Service harus mematuhi pedoman penulisan. Jika artikel yang diserahkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka akan ditolak oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima artikel yang sesuai dengan format yang ditetapkan.

Setiap artikel yang ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui Desk Review dan proses Evaluasi artikel awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel akan dikirim ke mitra bebestari/peer reviewer dan akan masuk ke seleksi berikutnya oleh double-blind peer-review process. Rincian lebih lanjut tentang kebijakan peninjauan dan proses tersedia pada pedoman pengiriman.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

 

Seluruh artikel akan direview pertama kali oleh editor. Evaluasi ini meliputi fokus dan cakupan jurnal, tingkat similarity, dan template jurnal. Apabila tidak memenuhi ketentuan, artikel akan segera dikembalikan ke penulis. Proses pengecekan masih manual.

Setelah melewati proses review awal, artikel akan dikirim ke minimal 2 orang reviewer menggunakan kebijakan Single blind peer review. Seluruh komentar dari reviewer akan dikirimkan ke corresponding email yang tercatat pada setiap artikel. Editor akan memberikan informasi ke penulis terkait hasil akhir penilaian paling lambat 30 hari setelah paper disubmit.

Keputusan akhir editor terkait artikel diputuskan berdasarkan hasil evaluasi akhir dari rapat tim editor jurnal. Selanjutnya, editor akan mengirimkan hasil akhir penilaian kepada penulis

<pre id="tw-target-text" class="tw-data-text tw-text-large tw-ta" dir="ltr" data-placeholder="Terjemahan"><span class="Y2IQFc" lang="id">Semua artikel penelitian yang diterbitkan di EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan menjalani peer review penuh, karakteristik utama yang tercantum di bawah ini: Makalah yang dikirimkan dievaluasi oleh setidaknya dua wasit anonim untuk kontribusi, orisinalitas, relevansi, dan presentasi (blind-peer review). Semua keputusan publikasi dibuat oleh Pemimpin Redaksi jurnal berdasarkan tinjauan yang diberikan. Editor akan memberi tahu penulis tentang hasil tinjauan sesegera mungkin, semoga dalam 30 hingga 60 hari. Anggota Dewan Editorial internasional memberikan wawasan, saran, dan bimbingan kepada Pemimpin Redaksi secara umum dan untuk membantu pengambilan keputusan tentang kiriman tertentu Redaktur Pelaksana dan Asisten Editorial memberikan dukungan administratif yang memungkinkan EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan untuk menjaga integritas tinjauan sejawat sambil memberikan perputaran yang cepat dan efisiensi maksimum kepada penulis, pengulas, dan editor. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan juga mendapat manfaat melalui proses rujukan naskah dari peer review berkualitas tinggi yang dilakukan oleh jurnal-jurnal mapan. Deteksi plagiarisme artikel dalam jurnal ini dilakukan dengan menggunakan Ithentichate.</span></pre>

 

Publication Frequency

The publication of this journal is bianually on June and December

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics and Malpractice Statement

JCS (Jurnal Of Community Centre) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam JCS, termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors. Ini adalah jurnal akses terbuka yang dilisensikan di bawah lisensi internasional CC-BY-NC.

 

 

Publication Frequency

Journal of Community Service diterbitkan dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).

 

Screening for Plagiarism Policy

Journal of Community Service (JCS) has a policy of screening for plagiarism. We use Anti-Plagiarism Software "Plagiarism Checker X" to check the authenticity article.

Gambar terkait