PROBLEM SOLVING AKAD AL-QARDH AL-HASAN PADA BAITUL MAAL WA ATTAMWIL

Andi Safitri Wulandari* -  Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam IAIN Bone, Indonesia
Muhammad Fakhri Amir -  Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/iebjournal.v3i2.3346

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui problematika atau kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan akad al-Qard al-Hasan serta problem solving terhadap problematika pelaksanaan al-Qardh al-Hasan pada baitul maal wa attamwil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini bertempat di BMT As’adiyah Sengkang, Kab. Wajo, Sulawesi Selatan. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara secara langsung. dan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dilapangan, buku-buku referensi dan informasi lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematikan yang dihadapi dalam merealisasikan pembiayaan al-Qard al-Hasan di BMT As’adiyah Sengkang diantaranya pembiayaan macet, mitra beritikad tidak baik dengan tidak lagi menjalankan kesepakatan yang telah dibuat, mitra pembiayaan kurang maksimal dalam memanfaatkan dana serta mitra yang menghilang dan meninggal dunia. Adapun problem solving terhadap beberapa problematika tersebut yaitu pendekatan personal dan persuasif, perpanjangan jangka waktu pengembalian dana, penghapusan pembiayaan jika terjadi kebangkrutan, dan menjual jaminan dari mitra.

Keywords
Baitul Maal Wa Attamwil; Lembaga Keuangan Syariah; al-Qardh Al- Hasan.
  1. Al-Arif, M. Nur Rianto, Dasar-Dasar Ekonomi Islam, (Solo: Era Adicitra Intermedia, 2011). Anita, St., Peranan Qard al-Hasan terhadap Peningkatan Usaha Mikro, Skripsi: Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar,
  2. Makassar, 2016.
  3. Anwar, Syafi’I, Alternatif Terhadap Sistem Riba, Jurnal Ulumul Qur’an,Vol.2, No 9, 1990.
  4. Ayogi, Visita Dwi dan Tuti Kurnia, Optimalisasi Peran Bmt Dalam Upaya Penghapusan Praktik Rentenir, Jurnal Syarikah Vol 1 No.1, 2015.
  5. Azizah, Rana Ayu dkk, Analisis Keoptimalan Baitul Maal Pada Lembaga Keuangan Mikro Islam, Jurnal JESTT, Vol. 1 No.12, 2014.
  6. Bisri, Muhammad dan Mifta Khaitul, Qard al-Hasan dalam Perspektif Hukum Islam pada Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dan Implementasinya, At-Tajir: Jurnal Ekonomi Bisnis dan Keuangan Syariah, Vol. 1, No. 1, Juli, 2019.
  7. Gina, Widiya. Jaenal Effendi, “Program Pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro”. Jurnal AlMuzara’ah, Vol 3, No 1, 2019.
  8. Janwari, Yadi, Fikih Lembaga Keuangan Syariah (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2015). Kartika, Dian, Implementasi Pembiayaan Qard al-Hasan di BMT Syariah Makmur BandarLampung, Skripsi: Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
  9. Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung, 2018. Lewis, Mervyn K. & Latifa M. Algoud, Perbankan Syari’ah, Prinsip, Praktek & Prospek
  10. (Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2007).
  11. Marwiyah, Yayah dan Masduki. Implementasi Akad Qard al-Hasan Di BMT As’adiyah
  12. Sengkang Serang, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 10, No. 2, Juli-Desember,
  13. Mas’adi, Ghufron A., Fiqh Muamalah Kontekstual (Jakarta: PT RajaGrafindo persada,
  14. .
  15. Muhamad, Lembaga- Lembaga Keuangan Umat Kontemporer (Yogyakarta: UII Press,
  16. .
  17. Rasyid, Sulaiman, Fiqh Islam (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005).
  18. Sagara, Yusar, Muharam Angga Pratama, Penguatan Ekonomi Kerakyatan Melalui Baitul
  19. Mal Wattamwil (BMT) Sebagai Balai Usaha Mandiri Rakyat Terpadu, SOSIO
  20. DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3 (1), 2016.
  21. Sahil, Irdlon, Potensi Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Meningkatkan Pertumbuhan
  22. Ekonomi Di Indonesia, Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 2,
  23. Sa’diyah, Muhmudatus, “Pengembangan Produk-Produk Lembaga Keuangan Mikro
  24. syariah”, Volume 2, No.1, Juni 2014.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-07
Published: 2022-12-07
Section: Articles
Article Statistics: 151 117