Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa

Rahmiati Darwis* -  Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia
Muhammad Rizal Hardiansyah -  Institut Agama Islam Negeri Ambon, Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v1i1.752

The purpose of this study was to analyze the enhancement of the middle school student problem solving skill through implementation of Project Based Learning (PjBL) model in integrated science learning Connected type. This research used quasi-experiment method with the static group pretest-posttest design. The subject of the research was the students of first grade in Ambon with total number of participants were 42 by using simple random sampling. Data was collected through problem solving skill test and questionnaire response of students about implementation of PjBL model. The technique of analyzing data used normality and homogenous test, N-gain test and t-test were tested by IBM SPSS Statistics 22. The result of this study showed that enhancement student’s problem solving skill showed by N-gain problem solving skill in experiment class is 0,73 (high) and N-gain problem solving skill in control class is 0,63 (moderate). Results of t-test value of problem solving skill  got Sig.(t-tailed) 0.000 <α, show that PjBL model can help the students to enhance problem solving skill better than the used of traditional model. Students give positive response to the PjBL model in integrated science learning type Connected.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP/MTs melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPA Terpadu tipe Connected. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain the static group pretest- posttest. Sejumlah siswa kelas VII (N = 42) di Kota Ambon terlibat sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan pemecahan masalah dan angket tanggapan siswa. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas dan homogenitas, perhitungan N-gain, dan uji-t dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah ditunjukkan oleh N-gain kelas eksperimen 0,73 (tinggi) sedangkan N-gain kelas kontrol 0,63 (sedang). hasil uji t pada data nilai N-gain keterampilan pemecahan masalah, diperoleh nilai signifikansi Sig. (t-tailed) 0.000 yang menunjukkan hasil yang lebih kecil dari 0,050 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, pada taraf kepercayaan 95% (α = 5%) diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran PjBL lebih baik dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model PjBL.

Keywords
Project Based Learning; Integrated Learning Connected Type; Problem Solving Skill
  1. Baran, M. & Maskan, A. (2010). The Effect of Project-based Learning on Pre-service Physics Teachers. Cypriot Journal of Educational Sciences Electrostatic Achievements. 5. 243-257.
  2. Fogarty, R. 1991a. How to Integrate The Curricula. Illionis: IRI/Skylight Publishing, Inc.
  3. Fraenkel, J. R. &Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
  4. Grant, M. M. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recomandation. North Carolina. Meredian: A Middle School Computer Technologies Journal. Vol. 5, 1-17.
  5. Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.
  6. Ismuwardani, dkk. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51-58.
  7. Jamaludin, D.N. (2013). Pengaruh Project Based Learning terhadap Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Sikap Ilmiah pada Materi Tumbuhan Biji. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Kaya, D., Izgiol, D. & Kesan, C. (2014). The Investigation of Elementary Mathematics Teacher Candidates; Problem Solving Skills According to Various Variables. International Electronic Journal of Elementary Education, 6(2), 295-314.
  9. Nofrianita, (2015). Penerapan Project based Learning dan Problem based Learning dalam Pembelajaran IPA Terpadu tipe Connected untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Siswa. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 85 Tahun 2013. (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.
  11. Rezeki, dkk. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.
  12. Tawil, M. & Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
  13. The George Locas Educational. (2005). Project Based Learning. Retrieved from http://www.edutopia.org.
  14. Toharudin, U., Hendrawati, S. & Rustaman, A., (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
  15. Trianto, (2014). Model Pembelajaran Terpadu Cetakan Keenam. Jakarta: Bumi Aksara.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-06-04
Published: 2020-07-10
Section: Articles
Article Statistics: 689 637