Penerapan Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Keislaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

A. Fajar Awaluddin Awaluddin* -  IAIN Bone, Indonesia
Maswan Ahmadi -  IAIN Bone, Indonesia
Muh. Alif Arfandi -  IAIN Bone, Indonesia
Irwang Irwang -  IAIN Bone, Indonesia
Rezki Rezki -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v23i2.7299

Meskipun banyak penelitian telah mengkaji pembelajaran kitab kuning berbasis digital, namun tergolong sedikit pengkajian pada peningkatan pemahaman kognitif bagi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini menyajikan studi kitab kuning berbasis digital dalam peningkatan pemahaman kognitif mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. Sebanyak 38 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengajukan diri sebagai peserta (25 perempuan, 13 laki- laki; 20–21 tahun) secara kooperatif. Data dikumpulkan dari artefak kerja siswa, observasi kelas, catatan diskusi di kelas, dan wawancara semi terstruktur. Berlabuh dalam analisis berbasis digitalisasi kitab kuning, temuan menunjukkan bahwa Pertama, konsep perencanaan pembelajaran kitab kuning berbasis digital yang dapat diikuti: a. Capaian Pembelajaran, b. Pemilihan Materi, c. Pemilihan Platform atau Aplikasi Digital, dan d. Proses Evaluasi.. Kedua, langkah-langkah yang terlibat dalam penerapan pembelajaran Kitab Kuning berbasis digital pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone di antaranya: a. Digitalisasi Kitab Kuning, c. Konten Interaktif, c. Fasilitas Pencarian dan Referensi, d. Forum Diskusi dan Bimbingan, dan e. Aksesibilitas Fleksibel. Ketiga, efektivitas pembelajaran Kitab Kuning berbasis digital dalam meningkatkan pemahaman kognitif mahasiswa prodi PAI di anntaranya: a. Aksesibilitas, b. Kolaborasi, c. Evaluasi yang Variatif. Selain itu, proyek ini diharapkan dapat menginspirasi metode pembelajaran kitab kuning yang berbasis digital  untuk mempromosikan nilai-nilai lain seperti moral, budaya, dan sejenisnya.
Keywords
Kata Kunci: Studi berbasis digital; Pembelajaran Kitab Kuning; Pemahaman Kognitif
  1. Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187
  2. Aji, R., & Aji Editor Online Tribun Jateng, R. (2016). DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1). https://doi.org/10.21580/ICJ.2016.1.1.1245
  3. Alimah, S. (2012). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EMBRIOGENESIS HEWAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KOGNITIF MAHASISWA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/JPII.V1I2.2130
  4. Alvarez, I., Guasch, T., & Espasa, A. (2009). University teacher roles and competencies in online learning environments: a theoretical analysis of teaching and learning practices. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/02619760802624104, 32(3), 321–336. https://doi.org/10.1080/02619760802624104
  5. Andri, R., Sains, M. S.-J. I. R., & 2017, undefined. (n.d.). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnalmudiraindure.Com. Retrieved August 28, 2022, from http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/PERAN-DAN-FUNGSI-TEKNOLOGI-DALAM-PENINGKATAN-KUALITAS-PEMBELAJARAN.pdf
  6. Ansori, A., Sultan, I., & Hasanuddin Banten, M. (2016). DIGITALISASI EKONOMI SYARIAH. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1). https://doi.org/10.32678/IJEI.V7I1.33
  7. Apdoludin, Saidek, A. R., & Islami, R. (2016). Model Debate for the Yellow Book Learning in Islamic Boarding School. Journal of Education and Practice, 7(23), 1–7. www.iiste.org
  8. Asep Kurniawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. 408. web.syekhnurjati.ac.id
  9. Balsmeier, B., & Woerter, M. (2019). Is this time different? How digitalization influences job creation and destruction. Research Policy, 48(8), 103765. https://doi.org/10.1016/J.RESPOL.2019.03.010
  10. Chanifah, N. (2021). Revitalisasi Pembelajaran Kitab Kuning di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Mahasiswa di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an “Oemah Al-Qur’an” Merjosari Lowokwaru Malang. Jurnal Abdidas, 2(3), 617–626. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I3.329
  11. Dawson, G. S. and D. G. and S. (2015). Preparing for the Digital University: a review of the history and current state of distance, blended, and online learning. https://ictlogy.net/bibliography/reports/projects.php?idp=3138
  12. Dede. (2011). Computer Games and Instruction - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=cQAoDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA233&dq=.+Developing+a+research+agenda+for+educational+games+and+stimulations.+In+S.Tobias+%26J.+D.Fletcher+(Eds.),+Computer+games+and+instruction+(pp.+233–250).+Charlotte&ots=-rlHpIfZj
  13. DJAENUDIN, A., & DJAENUDIN, A. (2021). URGENSI PENYESUAIAN METODE PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPTIVE TECHNOLOGY. Jurnal Pari, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.15578/jp.v7i1.10285
  14. Donovan, T., Bates, T., Seaman, J., Mayer, D., Martel, É., Paul, R., Desbiens, B., Forssman, V., & Poulin, R. (2019). Tracking Online and Distance Education in Canadian Universities and Colleges: 2018. https://eduq.info/xmlui/handle/11515/37136
  15. Ebner, M., education, A. H.-C. &, & 2007, undefined. (2007). Successful implementation of user-centered game based learning in higher education: An example from civil engineering. Elsevier, 49, 873–890. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.026
  16. education, J. B.-C. &, & 2010, undefined. (n.d.). Using game theory and competition-based learning to stimulate student motivation and performance. Elsevier. Retrieved September 10, 2022, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131510000527
  17. Education, M. K.-C. &, & 2008, undefined. (n.d.). Examining the pedagogical foundations of modern educational computer games. Elsevier. Retrieved September 10, 2022, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131508000778
  18. Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2754–2762. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2493
  19. Fyrdaus Dony Fadholy, 17913093. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA MENUJU ERA PENDIDIKAN 4.0. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18072
  20. Hanifah Salsabila Universitas Ahmad dahlan Jl Ringroad Selatan, U., istimewa Yogyakarta, D., Irna Sari, L., Dahlan Jl Ringroad Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, A., Haibati Lathif, K., Dahlan Jl Ringroad Selatan, A., Istimewa Yogyakarta, D., Puji Lestari Universitas Ahmad dahlan Jl Ringroad Selatan, A., & Ayuning, A. (n.d.). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Ojs.Diniyah.Ac.Id. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
  21. Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif.
  22. Hikmah Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume, A., -Juni, J., Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 0(0), 50–60. https://doi.org/10.15548/AL-HIKMAH.V0I0.1473
  23. Liu, T. Y., & Chu, Y. L. (2010). Using ubiquitous games in an English listening and speaking course: Impact on learning outcomes and motivation. Computers & Education, 55(2), 630–643. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2010.02.023
  24. Metode, E., & Lil, A.-M. (2019). Efektivitas metode al- miftah lil ʻulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada santri madrasah diniah. 2(1), 36–48.
  25. Mulyana, A. asep, Rochman, C., & Salim, A. (2019). Tantangan Kompetensi Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Alfa Centauri Bandung. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 344–368. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/164
  26. Mustaffa, C. S., & Megat Ibarahim, N. Z. (2014). Persepsi dan penggunaan media sosial dari perspektif ibu bapa: Satu analisis kualitatif. http://www.ukm.my/jkom/index.html
  27. Musthofa, Y., Asy’ari, M., & Rahman, H. (2021). Pembelajaran Pesantren Virtual: Fasilitas Belajar Kitab Kuning bagi Santri Kalong. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 58–70. https://doi.org/10.19105/TJPI.V16I1.4543
  28. Nuraeni, D., Nurasiah, I., Fkip, P., & Sukabumi, U. M. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SUDUT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS IV B SDN PINTUKISI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–75. https://doi.org/10.23969/JP.V5I1.2915
  29. Pendidikan Matematika ; Th, S. N. M. D., & Semarang, S. P. S. P. M. F.-U. P. S. (2019). ANALISIS KUALITATIF PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 415–420. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/88
  30. Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., Surmilasari, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). INOVASI PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 82–88. https://doi.org/10.26618/JRPD.V5I1.7540
  31. Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91–100. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
  32. sahir, hafni, syafrida. (2021). Metodologi Penelitian. 83. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16455
  33. Setiabudi, D. I. (2021). Manajemen Efektivitas Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama dan Karakter Siswa di MA Plus Al Bukhori Brebes. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 24–28. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V7I1.695
  34. Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323. https://doi.org/10.24036/JCE.V2I4.135
  35. Setiawati, Y. (2015). PERANAN TINGKAT INTELIGENSI SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU PERMATA MOJOKERTO.
  36. Sholihah Al-Mahiroh, R., & Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, I. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V12I2.353
  37. Syaiful, M., Hermina, D., Huda, N., & UIN Antasari Banjarmasin, P. (2022). TRADISI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN DI ERA DIGITAL. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 9(1), 33–44. https://www.journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1335
  38. Teknologi, J., Pertanian, I., Pertanian, F., Korespondensi, T., Raya, J., Box, T. P., & -Bangkalan, K. (2010). ANALISIS KUALITATIF DAN KUANTITATIF FORMALDEHID PADA IKAN ASIN DI MADURA. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 4(2), 132–137. https://doi.org/10.21107/AGROINTEK.V4I2.1366
  39. Trisiana, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. https://doi.org/10.20527/KEWARGANEGARAAN.V10I2.9304
  40. Triwiyanto. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran - Teguh Triwiyanto - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GeNwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Triwiyanto,+T.+(2015).+Manajemen+Kurikulum+dan+Pembelajaran.+Jakarta:+Bumi+Aksara&ots=ea2hAM18VW&sig=Wq7V2kij-sP-_mMXfFOKmVtfv2k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
  41. Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374
  42. Yasin Fatchul Barry, M., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (2020). PENGEMBANGAN MODEL LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA’HAD AL-JAMIAH UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.32764/DINAMIKA.V5I3.851
  43. Zailani, A. (2017). Problematika pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-09-05
Published: 2024-11-29
Section: Articles
Article Statistics: 84 40