Penerapan Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Keislaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam
DOI : 10.30863/ekspose.v23i2.7299
Meskipun banyak penelitian telah mengkaji pembelajaran kitab kuning berbasis digital, namun tergolong sedikit pengkajian pada peningkatan pemahaman kognitif bagi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini menyajikan studi kitab kuning berbasis digital dalam peningkatan pemahaman kognitif mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. Sebanyak 38 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengajukan diri sebagai peserta (25 perempuan, 13 laki- laki; 20–21 tahun) secara kooperatif. Data dikumpulkan dari artefak kerja siswa, observasi kelas, catatan diskusi di kelas, dan wawancara semi terstruktur. Berlabuh dalam analisis berbasis digitalisasi kitab kuning, temuan menunjukkan bahwa Pertama, konsep perencanaan pembelajaran kitab kuning berbasis digital yang dapat diikuti: a. Capaian Pembelajaran, b. Pemilihan Materi, c. Pemilihan Platform atau Aplikasi Digital, dan d. Proses Evaluasi.. Kedua, langkah-langkah yang terlibat dalam penerapan pembelajaran Kitab Kuning berbasis digital pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone di antaranya: a. Digitalisasi Kitab Kuning, c. Konten Interaktif, c. Fasilitas Pencarian dan Referensi, d. Forum Diskusi dan Bimbingan, dan e. Aksesibilitas Fleksibel. Ketiga, efektivitas pembelajaran Kitab Kuning berbasis digital dalam meningkatkan pemahaman kognitif mahasiswa prodi PAI di anntaranya: a. Aksesibilitas, b. Kolaborasi, c. Evaluasi yang Variatif. Selain itu, proyek ini diharapkan dapat menginspirasi metode pembelajaran kitab kuning yang berbasis digital untuk mempromosikan nilai-nilai lain seperti moral, budaya, dan sejenisnya.
Keywords
Kata Kunci: Studi berbasis digital; Pembelajaran Kitab Kuning; Pemahaman Kognitif
- Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187
- Aji, R., & Aji Editor Online Tribun Jateng, R. (2016). DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1). https://doi.org/10.21580/ICJ.2016.1.1.1245
- Alimah, S. (2012). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EMBRIOGENESIS HEWAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KOGNITIF MAHASISWA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/JPII.V1I2.2130
- Alvarez, I., Guasch, T., & Espasa, A. (2009). University teacher roles and competencies in online learning environments: a theoretical analysis of teaching and learning practices. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/02619760802624104, 32(3), 321–336. https://doi.org/10.1080/02619760802624104
- Andri, R., Sains, M. S.-J. I. R., & 2017, undefined. (n.d.). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnalmudiraindure.Com. Retrieved August 28, 2022, from http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/PERAN-DAN-FUNGSI-TEKNOLOGI-DALAM-PENINGKATAN-KUALITAS-PEMBELAJARAN.pdf
- Ansori, A., Sultan, I., & Hasanuddin Banten, M. (2016). DIGITALISASI EKONOMI SYARIAH. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1). https://doi.org/10.32678/IJEI.V7I1.33
- Apdoludin, Saidek, A. R., & Islami, R. (2016). Model Debate for the Yellow Book Learning in Islamic Boarding School. Journal of Education and Practice, 7(23), 1–7. www.iiste.org
- Asep Kurniawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. 408. web.syekhnurjati.ac.id
- Balsmeier, B., & Woerter, M. (2019). Is this time different? How digitalization influences job creation and destruction. Research Policy, 48(8), 103765. https://doi.org/10.1016/J.RESPOL.2019.03.010
- Chanifah, N. (2021). Revitalisasi Pembelajaran Kitab Kuning di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Mahasiswa di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an “Oemah Al-Qur’an” Merjosari Lowokwaru Malang. Jurnal Abdidas, 2(3), 617–626. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I3.329
- Dawson, G. S. and D. G. and S. (2015). Preparing for the Digital University: a review of the history and current state of distance, blended, and online learning. https://ictlogy.net/bibliography/reports/projects.php?idp=3138
- Dede. (2011). Computer Games and Instruction - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=cQAoDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA233&dq=.+Developing+a+research+agenda+for+educational+games+and+stimulations.+In+S.Tobias+%26J.+D.Fletcher+(Eds.),+Computer+games+and+instruction+(pp.+233–250).+Charlotte&ots=-rlHpIfZj
- DJAENUDIN, A., & DJAENUDIN, A. (2021). URGENSI PENYESUAIAN METODE PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPTIVE TECHNOLOGY. Jurnal Pari, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.15578/jp.v7i1.10285
- Donovan, T., Bates, T., Seaman, J., Mayer, D., Martel, É., Paul, R., Desbiens, B., Forssman, V., & Poulin, R. (2019). Tracking Online and Distance Education in Canadian Universities and Colleges: 2018. https://eduq.info/xmlui/handle/11515/37136
- Ebner, M., education, A. H.-C. &, & 2007, undefined. (2007). Successful implementation of user-centered game based learning in higher education: An example from civil engineering. Elsevier, 49, 873–890. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.026
- education, J. B.-C. &, & 2010, undefined. (n.d.). Using game theory and competition-based learning to stimulate student motivation and performance. Elsevier. Retrieved September 10, 2022, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131510000527
- Education, M. K.-C. &, & 2008, undefined. (n.d.). Examining the pedagogical foundations of modern educational computer games. Elsevier. Retrieved September 10, 2022, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131508000778
- Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2754–2762. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2493
- Fyrdaus Dony Fadholy, 17913093. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA MENUJU ERA PENDIDIKAN 4.0. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18072
- Hanifah Salsabila Universitas Ahmad dahlan Jl Ringroad Selatan, U., istimewa Yogyakarta, D., Irna Sari, L., Dahlan Jl Ringroad Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, A., Haibati Lathif, K., Dahlan Jl Ringroad Selatan, A., Istimewa Yogyakarta, D., Puji Lestari Universitas Ahmad dahlan Jl Ringroad Selatan, A., & Ayuning, A. (n.d.). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Ojs.Diniyah.Ac.Id. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
- Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif.
- Hikmah Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume, A., -Juni, J., Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 0(0), 50–60. https://doi.org/10.15548/AL-HIKMAH.V0I0.1473
- Liu, T. Y., & Chu, Y. L. (2010). Using ubiquitous games in an English listening and speaking course: Impact on learning outcomes and motivation. Computers & Education, 55(2), 630–643. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2010.02.023
- Metode, E., & Lil, A.-M. (2019). Efektivitas metode al- miftah lil ʻulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada santri madrasah diniah. 2(1), 36–48.
- Mulyana, A. asep, Rochman, C., & Salim, A. (2019). Tantangan Kompetensi Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Alfa Centauri Bandung. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 344–368. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/164
- Mustaffa, C. S., & Megat Ibarahim, N. Z. (2014). Persepsi dan penggunaan media sosial dari perspektif ibu bapa: Satu analisis kualitatif. http://www.ukm.my/jkom/index.html
- Musthofa, Y., Asy’ari, M., & Rahman, H. (2021). Pembelajaran Pesantren Virtual: Fasilitas Belajar Kitab Kuning bagi Santri Kalong. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 58–70. https://doi.org/10.19105/TJPI.V16I1.4543
- Nuraeni, D., Nurasiah, I., Fkip, P., & Sukabumi, U. M. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SUDUT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS IV B SDN PINTUKISI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–75. https://doi.org/10.23969/JP.V5I1.2915
- Pendidikan Matematika ; Th, S. N. M. D., & Semarang, S. P. S. P. M. F.-U. P. S. (2019). ANALISIS KUALITATIF PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 415–420. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/88
- Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., Surmilasari, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). INOVASI PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 82–88. https://doi.org/10.26618/JRPD.V5I1.7540
- Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91–100. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
- sahir, hafni, syafrida. (2021). Metodologi Penelitian. 83. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16455
- Setiabudi, D. I. (2021). Manajemen Efektivitas Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama dan Karakter Siswa di MA Plus Al Bukhori Brebes. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 24–28. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V7I1.695
- Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323. https://doi.org/10.24036/JCE.V2I4.135
- Setiawati, Y. (2015). PERANAN TINGKAT INTELIGENSI SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU PERMATA MOJOKERTO.
- Sholihah Al-Mahiroh, R., & Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, I. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V12I2.353
- Syaiful, M., Hermina, D., Huda, N., & UIN Antasari Banjarmasin, P. (2022). TRADISI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN DI ERA DIGITAL. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 9(1), 33–44. https://www.journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1335
- Teknologi, J., Pertanian, I., Pertanian, F., Korespondensi, T., Raya, J., Box, T. P., & -Bangkalan, K. (2010). ANALISIS KUALITATIF DAN KUANTITATIF FORMALDEHID PADA IKAN ASIN DI MADURA. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 4(2), 132–137. https://doi.org/10.21107/AGROINTEK.V4I2.1366
- Trisiana, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. https://doi.org/10.20527/KEWARGANEGARAAN.V10I2.9304
- Triwiyanto. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran - Teguh Triwiyanto - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GeNwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Triwiyanto,+T.+(2015).+Manajemen+Kurikulum+dan+Pembelajaran.+Jakarta:+Bumi+Aksara&ots=ea2hAM18VW&sig=Wq7V2kij-sP-_mMXfFOKmVtfv2k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
- Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374
- Yasin Fatchul Barry, M., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (2020). PENGEMBANGAN MODEL LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA’HAD AL-JAMIAH UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.32764/DINAMIKA.V5I3.851
- Zailani, A. (2017). Problematika pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah.
Copyright (c) 2024 A. Fajar Awaluddin Awaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Article Info
Submitted: 2024-09-05
Published: 2024-11-29
Section: Articles