Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Rina Novianty* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia, Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v18i2.483

This study aims to determine: The Effect of Learning Discipline on Student Learning Outcomes of IAIN Bone on research methodology courses. This research is a field research using a quantitative approach. The population in this study was 212 students. Samples taken as many as 43 people using random sampling techniques. Data collection instruments in the form of questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this study is simple linear regression. The results showed that there was a positive and significant effect between learning disciplines on the learning outcomes of IAIN Bone Students in the Research Methodology Course.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Bone pada mata kuliah metodologi penelitian. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 212 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 43 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen pengmpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa IAIN Bone pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.

Keywords
Learning Discipline; Learning Outcomes; Disiplin Belajar; Hasil Belajar
  1. Anwar, M. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Alfabeta. Bandung, 2006.
  2. Arikanto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.” Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
  3. Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2004.
  4. Kartianom, K, and Heri Retnawati. “Why Are Their Mathematical Learning Achievements Different? Re-Analysis Timss 2015 Data in Indonesia, Japan And Turkey.” International Journal on New Trends in Education & Their Implications (IJONTE) 9, no. 2 (2018).
  5. Riduwan, M. “Metode Dan Teknik Penyusunan Tesis.” Alphabet, Bandung, 2002.
  6. Sugiyono, Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung, 2006.
  7. Sukardi, Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta, 2003.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-10-27
Published: 2020-01-01
Section: Articles
Article Statistics: 1493 1475