PENGARUH PEMBELAJARAN AGAMA TERHADAP SPIRITUAL ANAK DI SEKOLAH MINGGU VIHARA BUDDHAYANA SURABAYA

Mundiro Lailatul Muawaroh* -  STIT Al-Ibrohimy Galis Bangkalan, Indonesia

DOI : 10.30863/attadib.v1i1.717

This research describes about religious learning for kids and how the students can practice in their life and religiously. The result of this research is the students more understand about religious learning when the teacher using a creative method in teaching like practice method. And this reseach used qualitative method with description analysis. As for finding this research is spiritual values of kids applied in days of life. Practice method make the students more understand the way to do religious teachings as like value, humanity, morality, confidence and love each other. So, method in religious learning is important to make the students active and creative, due to religious learning is guidance of life.

 

Key word : Religious Learning, Spiritual, Method

 

Abstrak

 

Penelitian ini menjelaskan tentang pembelajaran agama pada anak dan bagaimana siswa dapat mempraktekan dalam kehidupan sehari-harinya. Hasil dari penelitian ini adalah siswa lebih mudah memahami tentang pembelajaran agama ketika guru menggunakan sebuah metode kreatif seperti, siswa diberi kesempatan untuk praktek secara langsung setelah mendapatkan materi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatf denga analisis deskriptif. Adapun temuan dari penelitan ini adalah nilai-nilai spiritual anak telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode praktek membuat siswa lebih mudah memahami ajaran agama yang seharusnya diterapkan seperti nilai-nilai kemanusiaan, moral, kepercayaan diri, dan saling menyayangi satu-sama lain. Maka, metode pembelajaran sangat penting untuk membuat siswa lebih akif dan kreatif, karena pembelajaran agama adalah tuntunan hidup.

 

Kata kunci : Pembelajaran Agama, Spiritual, Metode

Supplement Files

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arif, I. S. (2016). Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan,(Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Berita Negara RI, No.1384, (2014). KEMENAG. Pendidikan. Keagamaan. Buddha.
  4. Chaplin. J.P. (2005). )Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
  5. Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka.
  6. Hadi, S. (1994). Metodologi Reseach II. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM.
  7. Hasanah, dkk. (2017). Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja, E-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksa. Vol. 7, No 2.
  8. Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
  9. Meleong, L. J. (1992). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosda Karya.
  10. Nasution. S. (1988). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
  11. Oemar. H. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
  12. Pius, P. A. (2001).Kamus Ilmiah Populer. Suarabaya: Arkola.
  13. Soegeng Ysh. (2012). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang : PGRI Semarang Pers
  14. Suharsimi. A. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Syah, M. (1997). Psikologi Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya.
  16. Tabroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarata: Ar-Ruzz Media.
  17. Winarno, S. (1990). Dasar-Dasar Dan Teknik Research. Jakarta: Tarsito.

Full Text: Supp. File(s):
PENGARUH PEMBELAJARAN AGAMA TERHADAP SPIRITUAL ANAK DI SEKOLAH MINGGU VIHARA BUDDHAYANA SURABAYA
Subject
Type Research Results
  Download (45KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-05-07
Published: 2020-06-23
Section: Articles
Article Statistics: 396 953