HUBUNGAN ANTARA PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI : 10.30863/attadib.v3i2.3234
Telah banyak yang meneliti bahasa Arab dari berbagai perspektik seperti perspektif budaya, semiotika dan politik namun, masih tergolong minim yang mengkaji urgensi bahasa arab dari perspektif pendidikan Islam. Bahasa merupakan alat komunikasi dan bahasa Arab telah digunakan sebagai alat ini dalam percakapan internasional. Bahasa Arab berkembang pesat di seluruh dunia dan telah dipelajari baik secara formal maupun informal di lembaga pendidikan. Metode penelitian ini bermodelkan penelitian kepustakaan atau disebut Library Research. Dalam penelitian ini diajukan pertanyaan penelitian yaitu: Pertama, bagaimana hubungan antara bahasa Arab dengan Al-Qur'an dan hadits merupakan sumber utama pelaksanaan ajaran Islam? kedua, bagaimana urgensi pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam pendidikan Islam?. Temuan penelitian ini adalah Pertama, jika umat Islam memahami bahasa Arab dengan cukup baik maka memahami baik Al-Qur'an dan hadits pasti akan lebih mudah dan juga dapat mencegah mereka dari kesalahpahaman atau salah mengartikan isinya. Oleh karena itu, dalam pendidikan Islam, pendidikan bahasa Arab sangat penting untuk diajarkan. Bahasa Arab bukan hanya bahasa umat Islam tetapi bahasa yang dipilih Allah sebagai bahasa Al-Qur'an. Kedua, Urgensi pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam pendidikan Islam agar dapat memahami ajaran yang terkandung dalam pendidikan Islam. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa peran bahasa Arab dalam pendidikan Islam ini layak dipelajari dan disebarluaskan di berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia.
- Abdul Wahab, Muhbib. 2016. “Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 3(1): 32–51.
- Aflisia, Noza. 2016. “Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafizh Al-Qur’an.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 1(1): 47–66. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/64 (November 7, 2022).
- Arifianto, Alexander R. 2019. “Islamic Campus Preaching Organizations in Indonesia: Promoters of Moderation or Radicalism?” Asian Security.
- Arifin, Moh Aziz, and Sukandar Sukandar. 2021. “PENTINGNYA BAHASA ARAB BAGI UMAT ISLAM DI PEDESAAN.” Al’Adalah 24(1): 11–17. http://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/44 (November 7, 2022).
- Arsyad, M. Husni. 2019. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Shaut al Arabiyyah 7(1): 13–30. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/8269 (November 20, 2021).
- Arsyad, Muh., and Bahaking Rama. 2019. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Soppeng: Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani.” Al-Musannif 1(1): 1–18. http://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif/article/view/9 (November 7, 2022).
- Awaluddin, A Fajar. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Muhammadiyah: Upaya Menangkal Praktek Radikalisme Melalui Pengajaran Qira’ah Di Perguruan Tinggi (Studi Atas Buku Al-Arabiyyah Al-Muyassarah Al-Darsu Al-Tsalatsun Karya Mustafa Muhammad Nuri).” Equilibrium: Jurnal Pendidikan.
- Devianty, Rina. 2017. “BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN.” JURNAL TARBIYAH 24(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167 (November 6, 2022).
- Fahrurrozi, Aziz. 2014. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : PROBLEMATIKA DAN SOLUSINYA.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1(2): 161–80. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/1137 (November 20, 2021).
- Febriani, Suci Ramadhanti, Wildana Wargadinata, Syuhadak Syuhadak, and Faisal Mahmoud Adam Ibrahim. 2020. “Design of Arabic Learning for Senior High School in the 21st Century.” Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
- Fenomena, D Hamdun -, and undefined 2016. 2016. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter Di Sekolah Dasar.” journal.iain-samarinda.ac.id 8(1). https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/fenomena/article/view/304 (October 9, 2021).
- Himmah, Ro’fat Hizmatul, and Muhammad Afif Amrulloh. 2018. “PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB PESANTREN MU’ADALAH (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Kausar Genteng Banyuwangi).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9(2): 234–48. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/2240 (August 3, 2020).
- Jamil, Husnaini, and Sardiyanah Sardiyanah. 2020. “EKSISTENSI METODE QAWAID TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA REVOLUSI 4.0.” Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 2(1): 30–39. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/289 (November 20, 2021).
- Khalid, M Rusydi, and Jurnal Al. 2012. “Kaidah-Kaidah Untuk Menafsirkan Al-Quran.” Jurnal al-Hikmah 13(1): 59–82. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/2699 (November 8, 2022).
- Nurhisam, Luqman. 2018. “IMPLEMENTING CHARACTER EDUCATION AS SOLUTION OF CHILDREN MORAL DECADENCE.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal.
- Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, and Ridwan Fauzi. 2019. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
- Saihu, Saihu, and Marsiti Marsiti. 2019. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DI SMA NEGERI 3 KOTA DEPOK, JAWA BARAT.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam.
- Sudjani, Desky Halim, and Gungun Gunadi. 2020. “Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(1): 39–46. https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/2573 (November 20, 2021).
- Sugiyono, and Republik Indonesia. 2010. Journal of Experimental Psychology: General Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.
- Suhaemi, Babay. 2014. “Urgensi Penguasaan Bahasa Arab Bagi Juru Dakwah.” Jurnal Ilmu Dakwah.
- Sumi, Katsunori. 2019. “The Learning Effects of a Short-Term Intensive Arabic Camp: An Examination of the Satisfaction of Basic Psychological Needs Based on Self-Determination Theory.” https://www.researchgate.net/publication/332110199 (October 9, 2021).
- Ummi, Hikmah Uswatun, and Indrya Mulyaningsih. 2016. “PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELOMPOK 28 PROGRAM INTENSIFIKASI BAHASA ARAB IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.” Indonesian Language Education and Literature 1(2): 162. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/600 (September 28, 2020).
- Wang, Danping. 2016. “Learning or Becoming: Ideology and National Identity in Textbooks for International Learners of Chinese.” Cogent Education.
- Zarkasyi, Ahmad, Pendidikan Diniyah, and Kajian Filsafat. 2020. “Pendidikan Diniyah Kajian Filsafat Pendidikan Islam.” Qolamuna : Jurnal Studi Islam 5(2): 325–42. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/197 (November 7, 2022).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.