PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DDI WALIMPONG

Erfandi Erfandi* -  Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Bone, Indonesia
Muh Tahir Arafah -  Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/attadib.v3i2.3172

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video animasi dalam mata pelajaran SKI, motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran SKI, dan kontribusi media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs DDI Walimpong Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media video animasi pada siklus I dan II. Hasil observasi dan kuesioner mengenai motivasi belajar dengan indikator ketekunan belajar, minat dan perhatian siswa dan mandiri dalam belajar mengalami peningkatan sampai dengan 90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada kontribusi dari penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs DDI Walimpong.

Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi, Vidio Animasi

  1. Akbar, M. N., Dama, L., Ibrahim, M. A., Mabuia, S. A., & Uno, A. H. (2022). Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 111-120.
  2. Effendy, Usman. (1985) Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.
  3. Hamalik, Oemar. (2008) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hasbullah. (2001) Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  5. Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).
  6. Maryam, N. D. (2021). Penerapan model pembelajaran MPA (Market Place Activity) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMPN 18 Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
  7. Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47.
  8. Wulandari, E., Marlini, C., & Muzakir, U. (2020). Pengaruh penggunaan media video animasi dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1/A SD Negeri 32 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-10-14
Published: 2022-12-13
Section: Articles
Article Statistics: 1151 966