PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DI DUSUN LAWESSO DESA TAJONG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE
DOI : 10.30863/an.v14i1.5127
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia dini di Dusun Lawesso Desa Tajong Kecamatan Tellu Siattinge. 2. Mengetahui tingkat pendidikan orang tua dan kontribusinya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Dusun Lawesso Desa Tajong Kecamatan Tellu Siattinge. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif deskriptif dengan pendekatan pedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua di Dusun Lawesso Desa Tajong Kecamatan Tellu Kecamatan Siattinge dengan kategori pendidikan tinggi (menengah) dibandingkan dengan orang tua yang memiliki tingkat pendidikan rendah dalam hal optimalisasi perkembangan kognitif anak. , pada hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan terakhir sarjana dapat mengungguli anak yang memiliki orang tua dengan tingkat pendidikan SLTA, begitu juga dengan orang tua dengan tingkat pendidikan SLTA dapat mengungguli orang tua dengan tingkat pendidikan dasar. Walaupun dengan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki orang tua dan tingkat pendidikan yang berbeda pada masing-masing orang tua di Dusun Lawesso Perkembangan kognitif anak berkembang cukup baik dalam hal ini karena peran orang tua sebagai pendidik utama, fasilitator, dan motivator ini cukup baik. , agar perkembangan kognitif pada anak dapat berkembang dengan baik pula.
- Adriani, Friska Vinallia dkk. Strategi Penanaman Nilai Kejujuran Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 10, No. 3, 2021.
- Andriani, Tuti. “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini”. Vol. 9,No. 3, Januari –Juli 2012.
- Chairilsyah, Daviq. Metode dan Teknik mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini” , Vol.5, No I, 2016.
- Hamzah, Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Cet.1; Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2015.
- Hapudin, Muhammad Soleh. Membentuk Karakter Baik Pada Anak. Jakarta : Tazkia Press, 2018.
- Hamzah, Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Cet.1; Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2015.
- Hapudin, Muhammad Soleh. Membentuk Karakter Baik Pada Anak. Jakarta : Tazkia Press, 2018.
- Inten, Dinar Nur.” Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga”, Vol. III, No.1,April 2017
- Lacksana, Indra. Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah, Vol. 33, No. 2, Desember 2017.
- Novriyansah, Andika dkk. Studi Tentang Perkembangan Karakter Jujur Pada Aanak Usia Dini. Jurnal Potensia , Vol. 2,No. 1, 2017.
- Buku:
- Abdullah K.. Tahapan dan Langkah-Langkah Penelitian. Cet. I; Watampone: Lukman Al-Hakim Press, 2013.
- Adisusilo, Sotarjo. J. R, Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2012.
- Anwar, Rosihon. Pengantar Studi islam. Cet. II; Bandung: Pustaka Setia, 2011.
- Bangsawan, Irwan P.Ratu. Ensiklopedia Kebudayaan Banyuasin. Cet. I ; Sumatra Selatan : Yayasan Institut Studi Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2020.
- Dewayani, Sofie.Agar Anak Jujur Panduan Menumbuhkan Kejujuran Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, 2016
- Inten, Dinar Nur.” Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga”, Vol. III, No.1,April 2017
- Iswinarti. Permainan Tradisional Prosedur Dan Analisis Manfaat Psikologis. Cet.I; Malang: Universitas muhammadiyah Malang , 2017.
- Kurniati, Euis. Permainan Tradisional Dan Peranannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Cet.I; Jakarta : Kencana, 2016.
- Mamik. “Metodolgi Kualitatif” .Cet. I; Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.
- Merpina, dkk. Menanamkan Kejujuran Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNTAN
- Murtafi’atun, Kumpulan Permainan Tradisional Nusantara. Yogyakarta : C-Klinik Media, 2018.
- Musbiki, Imam. Pendidikan Karakter Jujur. Nusa Media, 2021.
- Parapat, Asmidar. Startegi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua,Guru,Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Cet.I;Jawa Barat : Edu Publisher, 2020.
- Rahmawati, Diah dkk. Aku Pintar Dengan Bermain, Solo.PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
- Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Cet.I; Kulon Gresik : Caramedia Communication, 2018.
- Shdulla, Uyoh dkk. Paedagogik; Ilmu Mendidik. Cet. I; Jakarta: Alfabeta, 2010
- E-book:
- Wijaya, Helaluddin Hengki. Analisis Data Kualitatif Sebuah Teori Tinjauan & Praktik. Cet. I; Sekolah Tinggi Teologia Jaffray, 2019.
- Wijaya, Hengki. “Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi” .Makassar: Sekolah Tinggi Thealogia Jaffray,2018.
- Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Cet.I;Jakarta : Kencana, 2014

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.