Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kecerdasan Musikal pada Mahasiswi Institut Parahikma
DOI : 10.30863/an.v12i1.458
Pengembangan pembelajaran bahasa Arab berbasiskan kecerdasan musikal pada siswa Institut Parahkma Indonesia dilakukan dengan mengadopsi lagu-lagu populer bagi siswa untuk dijadikan referensi dalam menghafal materi pembelajaran bahasa Arab. Peluang Pengembangan pembelajaran bahasa Arab berbasis kecerdasan musik pada siswa Institut Parahkma Indonesia adalah penggunaan media musik sebagai terapi pembelajaran yang telah digunakan sejak awal, kolaborasi kelembagaan yang memiliki kepedulian untuk belajar bahasa Arab, serta melibatkan siswa dalam mengembangkan pembelajaran strategi. Kendalanya adalah bahwa bahasa Arab menjadi bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris, kualitas bahasa Arab masih buruk, pasif atau aktif, dan kecerdasan musik sering kontra produktif dengan tujuan pembelajaran.
The development of Arabic language learning based on musical intelligence in Indonesian Parahkma Institute students was carried out by adopting popular songs for students to further serve as a reference in memorizing Arabic learning materials. Opportunities The development of Arabic language learning based on musical intelligence in Indonesian Parahkma Institute students is the use of music media as learning therapy has been used since the beginning, institutional collaboration that has a concern for learning Arabic, as well as involving students in developing learning strategies. The obstacle is that Arabic becomes the second foreign language after English, the quality of the Arabic language is still poor, passive or active, and musical intelligence is often counter productive with learning goals.
- Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
- Armstrong, Thomas, Setiap Anak Cerdas, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
- Jihad, Bagus H., Cara Mengembangkan Kecerdasan Musikal, http://baguserek.blogspot.com/2012/02/cara-mengembangkan-kecerdasan-musikal.html. (10 Juli 2019)
- Kartianom, Kartianom, and Oscar Ndayizeye. “What‘s Wrong with the Asian and African Students’ Mathematics Learning Achievement? The Multilevel PISA 2015 Data Analysis for Indonesia, Japan, and Algeria.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4, no. 2 (2017): 200–210.
- Kartianom, Kartianom. “Diagnosis Kesalahan Konsep Materi Matematika SMP Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Di Kota Baubau.” UNY, 2017.
- Musfiroh, Takdiroatun, Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
- Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Indonesia: PT Indeks, 2010.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.