Meta Analysis: Pengaruh Gender Terhadap Faktor Psikologis Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30863/an.v14i2.4175Keywords:
Meta Analisis, Gender, Motivasi, Minat, Kecerdasan emosionalAbstract
This study aims to determine whether gender differences affect the psychological factors of student learning in Indonesia. The research process was carried out using the meta method, which was to collect journal research articles from 2012-2021 which had the topic of psychological factors in student learning which were reviewed based on the gender of the students. The research sample is journal research articles that are collected through various search engines, namely Google Scientist, Researchgate, and OneSearch and have met the selection criteria. The data analysis technique used was the standard mean difference to determine the effect size and further test the effect of the random model. The results showed that gender differences had a significant effect on the psychological factors of student learning by 70%. Psychological learning factors of students include learning motivation, interest in learning, and students' emotional intelligence.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan gender berpengaruh terhadap faktor psikologis belajar siswa di Indonesia. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan metode meta analisis, yaitu mengumpulkan artikel penelitian jurnal dari tahun 2012-2021 yang memiliki topik penelitian tentang faktor psikologis belajar siswa yang ditinjau berdasarkan gender siswa. Sampel penelitian adalah srtikel penelitian jurnal yang dikumpulkan melalui berbagai mesin pencari yaitu google scholar, researchgate, dan onesearch dan telah memenuhi kriteria pemilihan. Teknik analisis data yang digunakan standardized mean differens untuk menentukan nilai effect size dan uji lanjut menggunakan efek model acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan gender berpengaruh secara signifikan terhadap faktor psikologis belajar siswa sebesar 70%. Faktor psikologis belajar siswa meliputi motivasi belajar, minat belajar, dan kecerdasan emosional siswa
References
Agustina, H. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Metode Resitasi. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 675–682. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/10224/5230
Anita, I. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246–251. Retrived from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/184
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 68–75. http://dx.doi.org/10.29210/02379jpgi0005
Fauziah, I. B., Sriyanto, M. I., & Sukarno. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar UNS, 9(1), 25–30. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/49891
Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN, 1(6), 373–380. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4867
Harso, A., & Merdja, J. (2019). Motivasi belajar dan prestasi belajar fisika ditinjau dari jenis kelamin. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.991
Hasanah, N., Zulhelmi, & Azizahwati. (2015). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Collaborative Learning di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Kampar. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/6411
Inda, A. H. (2017). Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2017, 751–758. Retrived from http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-109.pdf
Ismunandar, D., Rosyadi, R., Nandang, N., & Azis, K. (2020). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi Pecahan di Desa Lajer Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.31943/abdi.v2i1.24
Malini, G. A. N. D., & Fridari, I. G. A. D. (2019). Perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin dan urutan kelahiran di SMAN 1 Tabanan dengan sistem full day school. Jurnal Psikologi Udayana, 032(1), 145–155. Retrived from https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52513
Maula, R. N., & Hidayah, F. F. (2019). Analisis minat belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon ditinjau dari perspektif gender. Seminar Nasional Edusaintek, 421–429. Retrived from https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/259
Nadhifah, U., & Agustin, H. Y. (2020). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belaj Ar Kognitif Siswa Jenjang SMA Se-Jawa Timur. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(2), 83–92. Retrived from https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/237
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (Issue July). Parama Publishing.
Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 01(02), 458–464. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.92
Septiyan, I., & Pujiastuti, H. (2019). Motivasi belajar matematika siswa pondok pesantren modern berdasarkan perbedaan gender. Jurnal Analisa, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.3947
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Turhan, N. S. (2020). Gender Differences in Academic Motivation : A Meta-Analysis. International Journal of Psychology and Educational Studies, 7(2), 211–224. Retrived from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1252901.pdf
Walid, A., Gamal, R., & Kusumah, T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Peran Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di Bimbel Hiama – Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September. Retrived from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5377