Pengaruh In Store Stimuli Terhadap Customer Impulse Buying (Studi Pada Toko Alfayed Toserba Kabupaten Kolaka Utara)

Selvi Dayanti* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia, Indonesia
Rina Novianty -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/aliqtishad.v15i1.4669

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh in store stimuli terhadap customer impulse buying pada Toko Alfayed Toserba Kabupaten Kolaka Utara. Adapun Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu melalui uji frekuensi, uji regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R²). Sebelum dilakukan uji statistik, terlebih dahulu dilakukan pengujian kualitas data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, dan pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji linearitas. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel in store stimuli berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer impulse buying pada Toko Alfayed Toserba. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diketahui nilai constant (a) sebesar 28,552, sedangkan nilai b/koefisien regresi sebesar 0,142, sehingga persamaan regresinya dapat ditulis: Y=28,552 + 0,142X. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui nilai thitung sebesar 2,005, nilai signifikansi sebesar 0,048 dan nilai ttabel sebesar 198,472 dengan taraf signifikansi 0,05. Besarnya R Square (R²) adalah 0,039 atau 3,9% dan selebihnya 96,1% dijelaskan oleh faktor lain secara implisit yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Faktor lain diantaranya yaitu positive emotion, price discount dan penawaran menarik.

Keywords
In Store Stimuli, Impulse Buying, dan Toko Alfayed Toserba.
  1. Basith, Abdul. “Pengaruh In Store Stimuli terhadap Pembelian Impulsif pada MOR Store Jalan Sunda Bandung.” e-Procedding of Mangement : Vol. 2, No. 2, Agustus 2015, h. 2086.
  2. Bong, Soesono. “Pengaruh In Store Stimuli terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket di Jakarta.” Ultima Management Vol. 3, No. 1, Juni 2011, h. 33-44.
  3. Dermawan Deni, Metode Penelitian Kuantitatif, Cet.1; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
  4. Harahap, mira, Ito. “Analisis Strategi In Store Stimuli pada Hasanah Mart Medan”, Skripsi, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, 2020.
  5. Januar, Muhammad, Fikry. “The Effect of In-Store Stimuli Towards the Customer’s Impulsive Buying Behavior At Toserba Yogya Majalengka.” Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6, No. 1, Januari 2021, h. 345-346.
  6. Jollyta, Denny William Ramdhan & Muhammad Zarlis. Konsep Data Mining dan Penerapan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.
  7. Khairuna, Febi. “Pengaruh Display Product dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli”. Skripsi, Jurusan Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2019.
  8. Kunaifi Aang, Manajemen Pemasaran Syariah Pendekatan Human Spirit: Konsep, Etika, Strategi dan Implementasinya, Yogyakarta: Maghza Pustaka, 2016.
  9. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.
  10. Margana, Charlon, Arta. “Pengaruh Stimulus Lingkungan Toko terhadap Perilaku Pembelian Tidak Terencana yang Dimediasi Oleh Emosi Positif” h. 2618.
  11. Nurcahyani, Ghani. “ Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online daripada Offline”, dalam https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/441793/riset-745, 22 oktober 2021.
  12. Priyatno, Dewi. Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) Bagi mahasiswa dan Umum. Cet. III; Yogyakarta: Media Com, 2009.
  13. Ramadhan, Ilmy. “Pengaruh Store Atmosphereterhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif”. Skripsi, Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Semarang, 2017.
  14. Rukajat, Ajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
  15. Riduwan dan Akdon, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2013.
  16. Setiyono, Agus, Didik “Analisis Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Dampaknya terhadap Impulse Buying”. Skripsi, Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Hidayatullah Jakarta, 2015.
  17. Sari, Dewi, komala. “Peran In Store Stimuli dalam Customer Impulse Buying serta Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Pada Minimarket.” EKSIS, Vol. 13, No. 2, Oktober 2018, h. 101-111.
  18. Sinaga, Inggrid. “Stimulus Store Environment dalam Menciptakan Emotional Response dan Pengaruhnya terhadap Impulse Buying” Jurnal Profit. Vol. 6, No. 2, hal. 5.
  19. Sapitri, Nova. “Pengaruh In Store Stimuli terhadap Minat Belanja Konsumen pada Supermarket Pandan Sari di Samarinda.” Ekonomia, Vol. 6, No. 2, 2017, h. 116-130.
  20. Saputro, Ikhsan, Banu. “Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 16, No. 1, 2019, h. 45.
  21. Sandu, Siyoto & Ali Sodiq, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-06-12
Published: 2023-07-01
Section: Articles
Article Statistics: 92 121