INTELEGENSI DAN BAKAT PADA PRESTASI SISWA

Salwa Afniola* -  Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
Ruslan Ruslan -  Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
Wiwit Artika -  Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v6i1.844

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengurai tentang intelegensi dan bakat pada prestasi siswa di pembelajaran di sekolah. Metode yang dilakukan pada kajian ini melalui studi pustaka dan juga literature research dengan hal-hal yang berkaitan dengan persoalan tersebut. Pembahasan pada kajian ini berdasarkan pada pendapat para ahli dan juga hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan persoalan intelegensi dan bakat pada prestasi siswa. Belajar merupakan sesuatu yang mutlak harus dilakukan dalam pendidikan. Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia siswa dengan cara membimbing dan juga memberi fasilitas untuk proses belajar tersebut. Selama proses belajar terdapat hasil belajar yang didapatkan siswa dari proses belajar yang dilakukan dan dinilai oleh guru. Dari hasil belajar di sekolah didapatkan pencapaian prestasi siswa yang disebut juga dengan prestasi akademik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik dari seorang siswa, diantaranya terdapat faktor internal yaitu tingkat intelegensi dan juga bakat yang dimiliki oleh setiap siswa tersebut.

 

Kata kunci: Intelegensi, Bakat, Prestasi.

  1. Fadillah, Ahmad. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhdap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(2), 113-122.
  2. Huwaida, Nisrina, A. (2020). Pengaruh Intelegensi Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1), 42-49.
  3. Jayantika, Trisna. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 1-12.
  4. Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
  5. Muthoharoh, Badriyatul, Nurul. (2016). Tingkat Intelegensi dan Peran Orangtua Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1), 35-46.
  6. Pratiwi, Komari, N. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orangtua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75-105.
  7. Putra, Hainul, Z. (2015). Hubungan Intelegensi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru, JPM IAIN Antasari, 2(2), 1-18.
  8. Razaq, Rahim, A. (2014). Interaksi Pembelajaran Efektif Untuk Berprestasi. Jurnal Pilar. 2(2), 122-136.
  9. Rohmah, Umi. (2011). Tes Intelegensi dan Pemanfaatannya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Cendekia, 9(1), 125-139.
  10. Rufaidah, Anna. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(2), 139-146.
  11. Soemanto, Wasty. (1998). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. PT Rineka Cipta: Jakarta.
  12. Sriyono, Heru. (2016). Peran Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi di SMA Negeri Gugus 01 Kabupaten Tangerang. Research and Development of Education, 3(1), 52-69.
  13. Sukmadinata, Syaodih, N. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
  14. Supeni, M. G. (2011). Pengaruh Tanggung Jawab dan Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II IPS SMA EL Shadai TH. 2009/2010. Jurnal Penelitian Inovasi, 35(1), 102-115.
  15. Thaib, Nauli, Eva. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 13(2), 184-399.
  16. Umar, Munirwan. (2015). Peranan Orangtua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 20-28.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-06-30
Published: 2020-06-30
Section: Articles
Article Statistics: 1129 9095