DISKURSUS TEORI AL-SARFAH DALAM I‘JAZ AL-QUR’AN

Muhammad Dirman Rasyid* -  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v6i1.843

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengurai konsep dan muasal teori al-s}arfah, perbedaan padangangan para ulama terkait teori al-s}arfah serta perkembangan teori al-s}arfah dalam kajian kemukjizatan al-Qur’an kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dengan cara mengumpulkan literatur terkait kemudian disajikan secara deskriptif kualitatif, yaitu menampilkan data sebagaimana adanya kemudian dianalisis (content analysis). Teori al-s}arfah merupakan konsep dalam kemukjizatan al-Qur’an yang menyatakan bahwa ketidakmampuan manusia menandingi al-Qur’an karena Allah swt. mencegah manusia untuk menandinginya dengan mencabut kemampuan, motivasi, ilmu, serta pengetahuan manusia untuk menandingi al-Qur’an. Terdapat dua pendapat mengenai muasal teori al-s}arfah. Pertama, teori ini berasal dari konsep yang ada di dalam Agama Hindu, sedangkan pendapat kedua memandang, al-s}arfah berasal dari pemikiran Islam yang disebabkan kesalahpahaman terhadap al-Qur’an disertai akidah yang salah. Tokoh yang dianggap pertama kali melontarkan teori al-s}arfah adalah tokoh Muktazilah, Abu> Ish}a>q Ibra>hi>m al-Naz}z}a>m. Ulama berbeda pendapat terkait teori al-s}arfah dalam kemukjizatan al-Qur’an, pada umunya ulama yang pro terhadap teori ini dari kalangan Muktzilah dan Syi’ah. Sementara, yang kontra dari kalangan Sunni.  Di era kontemporer ini, diskursus kemukjizatan al-Qur’an makin berkembang dan mencakup berbagai aspek, tidak seperti dahulu yang masih didominasi pada aspek kebahasaan. Sementara teori al-s}arfah hanya berlaku pada aspek kebasahaan dan sistematika susunan al-Qur’an, sehingga teori ini tidak relevan dalam konteks kemukjizatan al-Qur’an kontemporer yang cenderung mengungkap isyarat ilmiah dari al-Qur’an.

Kata Kunci: Al-S}arfah, Kemukjizatan, al-Qur’an, Muktazilah.

  1. Al-Qur’an al-Karim.
  2. Ba’asyien, Moh. Asryad.“Beberapa Segi Kemukjizatan al-Qur’an”, Jurnal Hunafa 5, no, 1 (April 2008): h. 117-128.
  3. Baidan, Nasharuddin.Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
  4. al-H{umas}i>, Na‘i>l. Fikrah al-I‘jan munzu> al-Bi‘sah al-Nabawiyah h}atta> ‘As}rina< al-H}a>d}ir. Cet. II; Beirut: Mu’assasah al-Risa>lah. 1980 M/1400 H.
  5. Ibn Fayi>s al-Luqah, Juz 3. [t.t.]: Da
  6. Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Cet. III; Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013 M/1434 H.
  7. al-Kha>lidi>, Muh}sin Sami>h}. “Al-S{arfah”, Majallah al-Ja>mi‘ah al-Isla>miyah 12, no 2 (Juni 2004): h. 305-342.
  8. al-Lauh}, ‘Abd al-Sala>m H{amda>n. “H{iwar ma‘a al-Rummah I‘ja>z al-Qur’a>ni<, Majallah Jamiyah 16, no. 2 (Juni 2008): h. 89-123.
  9. Mu>sa>,Muh}ammad Ibn H{asan Ibn ‘Aqi>il. I‘ja>z al-Qur’a>n al-Kari>m baina al-Ima>m al-Suyu>t}i> wa al-‘Ulama>: Dira>sah Naqdiyah wa Muqa>ranah. Jeddah: Da>r al-Andalus al-Khad}ara>, 1997 M/1317 H.
  10. Muslim, Mus}tafa>. Maba>h}is fi I‘ja>z al-Qur’a>n. Cet. II; Riyad: Da>r al-Muslim, 1996 M/1416 H.
  11. Nas}s}a>r, H{usain. Al-S{arfah wa al-Anba<’u bi al-Gaib. Kairo: Maktabah Mis}r, [t.th.].
  12. Shihab, M. Quraish. Kemukjizatan al-Qur’an. Bandung, Mizan, 1998.
  13. al- Syuhari>, ‘Abd al-Rah{ma>n Ibn Ma‘a>d}ah. Al-Qaul fi al-S{arfah fi al-I‘jar Ibn al-Jauzi>, 1432 H.
  14. al-Turki>, Ibra>hi>m Ibn Mans}u>r. “Al-Qaul bi al-S{arfah fi I‘ja>z al-Qr’a>n al-Kari>m: ‘Ard wa Dira>sah”, Majallah Ja>mi‘ah Umm al-Qura>’ li ‘Ulu>m al-Lugabiha>, no 2 (Juli 2009): h. 157.
  15. al-Zarkasyi>, Badr al-Di>n. Al-Burha>n fi ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz 2. Kairo: Da>r Ihya>’ al-Kutub al-‘Arabiyah, 1957 M/1376 H.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-06-30
Published: 2020-06-30
Section: Articles
Article Statistics: 3314 1723