KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM DAKWAH KELOMPOK JAMAAH TABLIGH

KURNIATI ABIDIN* -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v5i1.575

Abstrak

artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk komunikasi interpersonal yang terdapat dalam model dakwah kelompok Jamaah Tabligh. Kelompok ini menggunakan pendekatan personal-persuasif (interpersonal)ketika melakukan dakwah kepada orang. Oleh karena itu, untuk mengungkapkan hal tersebut maka dilakukan penelitian terhadap kelompok Jamaah Tabligh. Kepada mereka dipilih 5 orang secara snowball sampling dan dilakukan wawancara terkati cara mereka berdakwah. Selain itu diadakan pengamatan dan studi literatur untuk memperkuat data hasil wawancara. Analisis data menggunakan teknik tiga jalur yaitu reduksi, kategorisas, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hal-hal sebagai berikut: (1) model dakwah kelompok Jamaah Tabligh terbagi dua yaitu dakwah perseorangan dan dakwah umum. (2) komunikasi interpersonal berlangsung secara khusus dalam dakwah infiradhi yang sifatnya perseorangan dalam suasana percakapan biasa. Kesimpulan penelitian ini adalah secara substansi, komunikasi interpersonal memang merupakan bagian dari dakwah Jamaah Tabligh karena untuk membuat orang terkesan atas pesan yang disampaikan maka harus menyentuh hati dan perasaan mereka.

 

 

Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, model dakwah, Jamaah tabligh, persuasif, pendekatan.
  1. Amin, Samsul Arifin, 2009. Ilmu Dakwah, Jakarta: Penerbit Amzah.
  2. Atabik, Ahmad. 2014.Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Volume 2, Nomor 2, Juli – Desember 2014.
  3. Bambang S. Ma’arif, 2010. Komunikasi Dakwah; Paradigma Untuk Aksi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  4. Departemen Agama RI, 1992. al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI.
  5. Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Halim, Harifuddin. 2011. Sosialisasi Pendidikan Agama Dalam Metode Kelompok Jamaah Tabligh. Jurnal Kuriositas: Media Komunikasi dan Keagamaan, Edisi IV Volume 1 2011.
  7. Ilaihi, Wahyu, 2010. Komunikasi Dakwah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  8. Iskandar, Abdul Malik, dan Rasyidah Zainuddin. 2019. Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Proses Pendidikan. Jurnal Al-Din Volume 1 No. 1 Januari-Juni 2019.
  9. Kamaruddin, Syamsu A. 2010. Jama’ah Tabligh: Sejarah, Karakteristik, dan Pola Perilaku Dalam Perspektif Sosiologis, Jakarta: Gaung Persada Press.
  10. Ma’arif, Bambang S., 2010. Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  11. Effendi, Onong Uchjana Effendi. Dinamika Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya).
  12. Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis, Jakarta: Penerbit Erlangga.
  13. Redding, W. Charles, and Phillip K. Tompkins. 1972. The New Handbook of Organizational Communication: Advances in Theory, Research, and Methods. New York: Industrial Communication Council.
  14. Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Per), hlm. 226.
  15. Nadwi, Sayyid Abul Hasan Ali. 1999. Riwayat Hidup dan Usaha Dakwah Maulana Muhammad Ilyas Rah. a. Yogyakarta: Ash-Shaff.
  16. Tasmara, Toto.1997. Komunikasi Dakwah, Jakarta: Gaya Meda Pratama.s
  17. Yuliyatun. 2015.Model Komunikasi Dakwah Berbasis Bimbingan Konseling Islam (Analisis Terhadap Dialog Interaktif Kajian Fiqh Muslimah Di Radio Pas Fm Pati), At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam Vol. 3, No. 2 Desember 2015.
  18. Zainabi, Siti. 2006. Pendekatan Personal Dalam Dakwah (Sinergi Dakwah Fardiyah Dan KomunikasiAntarpribadi), Jurnal Himmah, Vol. VII, No. 18 Januari -April 2006.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-06
Published: 2020-01-06
Section: Articles
Article Statistics: 812 2599