KONSEP DAN KARAKTERISTIK PSIKOLOGI BEHAVIORISME

Ummul Mu'minin* -  , Indonesia
Syamelda Apriliana -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
Nurmuafia Septiana -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/ajdsk.v8i2.3958

Penelitian ini berfokus mengkaji konsep dan karakteristik psikologi behaviorism sebagai bagian dari pembentukan tingkah laku  yang sesuai hubungan antara stimulus dengan respon yang biasa diamati serta tak berhubungan dengan kesadaran maupun konstruksimental. di proses belajar,  sebagaimana behaviorisme melihat belajar sebagai perubahan tingkah laku pada manusia. Penelitian ini berfokus pada kajian psikologi behaviorisme dengan menggunkana pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis dan kajian mengenai psikologi behaviorisme dijelaskan secara naratif deskriptif sehingga lebih komprehensif. Data-data secara kepustakaa dikumpulkan sesuai dengan fokus kajian ini melalui teknik dokumentasi seperti hasil penelitian terdahulu dan buku yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa behaviorisme merupakan sebuah aliran dalam yang berpendapat bahwa perilaku harus ialah unsur subjek tunggal psikologi. Behaviorisme merupakan aliran revolusioner, kuat serta berpengaruh, dan  mempunyai akar sejarah yg relatif dalam. Behaviorisme lahir menjadi reaksi terhadap introspeksionisme serta pula psikonalisis. Behaviorisme ingin menganalisis hanya perilaku yang tampak saja, yang bisa diukur serta dilukiskan. Karakteristik utamanya yaitu menggunakan pendekatan objektif untuk mempelajari manusia. Tidak hanya itu psikologi behaviorisme juga memiliki tujuan utama yaitu: Berkomunikasi atau transfer perilaku adalah penggambar pengetahuan dan kecakapan seseorang, tidak mempertimbagka proses mental, untuk memeproleh keinginan respon yang dimunculkan dari stimulus, Harus mengenali bagaimana mendapatka respon sebaik mungkin pada kondisi respon diciptakan dan Seseorang memperoleh kecakapan berbeda.

 

Kata Kunci: Psikologi; Behaviorisme; Tingkah Laku; Belajar; Stimulus-Respon

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-01-29
Published: 2022-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 1626 16996