FENOMENA MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DI ERA DIGITALISASI

Nurul Faizah Kamaruddin* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/ajdsk.v8i2.3893

Kemajuan teknologi informasi telah berpengaruh kepada para siswa dalam proses belajar, hal itu dikarenakan adanya media sosial yang menjadi aktivitas siswa di era digitalisasi. untuk generasi muda terutama mereka yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah merasa sangat terbantu dengan adanya kemajuan ini. Salah satu hal yang sangat membantu di era digital ini adalah memanfaatkan mesin pencari untuk mencari semua pertanyaan, informasi, pengetahuan sampai berita paling baru seputar pendidikan dengan relatif cepat dan juga mudah. Bahkan proses belajar mengajar di sekolah bisa memanfaatkan teknologi digital internet dan media sosial. Penggunaan media sosial sangat mempengaruhi pengembangan siswa, dampak yang diberikan dapat positif maupun negatif tergantung pada kesadaran masing-masing siswa untuk menggunakannya. Sebaiknya para siswa/siswi dapat menggunakan media sosial dengan bijak atau dengan pendampingan orang tua, karena tidak semua informasi yang termuat di media sosial itu baik dan benar. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan metodenya dengan mengumpulan sumber-sumber literatur penelitian berupa laporan penelitian di dalam jurnal ilmiah saat ini yang dianggap relevan. Langkah ini dilakukan dengan menelusuri sejumlah penelitian terdahulu tentang fenomena dan pengaruh media sosial terhadap minat belajar siswa. Fenomena media sosial memberikan hasil yang positif bagi siswa dalam meningkatkan minat belajar karena kemudahan dalam mengakses ilmu pengetahuan. Namun pengaruh media sosial juga memberikan hasil yang negatif, dikarenakan akibat kecanduan, pornografi dan informasi tanpa proses filterisasi secara bijaksana di kalangan siswa.

Kata Kunci: Fenomena Media Sosial; Minat Belajar; Digitalisasi

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-01-18
Published: 2022-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 1564 3258