PENGGUNAAN USER GENERATED CONTENT(UGC) TIKTOK DALAM DUNIA KESEHATAN

A. Nur Aisyah Rusnali* -  , Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v7i2.2372

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan User Generated Content(UGC) Tiktok dalam dunia kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang akan memaparkan situasi ataupun peristiwa dan tidak menjelaskan hubungan serta tidak menguji hipotesis. Sumber utama dalam penelitian ini adalah video tentang konten kesehatan pada aplikasi Tiktok yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. User Generated Content(UCG) telah memberikan kesempatan kepada praktisi kesehatan untuk berbagi informasi seputar kesehatan kepada orang banyak tanpa harus bertemu secara face to face. Dimasa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat tentunya membutuhkan banyak informasi dan edukasi terkait maslaah kekesehatan. Dalam video tiktok yang dibuat oleh para konten creator, video yang dibagikan terkesan ringan dan santai namun tidak mengurangi bobot pesan. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa, kemajuan teknologi mampu menjangkau dan mempertemukan seluruh lapisan masyarakat tanpa adanya batasan ruang dan waktu. 

  1. Ahva.L & Hellman, M, ‘Citizen Eyewitness Images and Audience Engagement in Crisis Coverage’, International Communication Gazette, 77.7 (2015), 668–81
  2. Bock, M, A, ‘Citizen Video Journalists and Authority in Narrative: Reviving the Role of the Witness’, Journalism, 2012, 639–53
  3. Bruns, Axel, The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy (USA: John Wiley and Sons Inc, 2016)
  4. Dwityas, Nindyta Aisyah, ‘Komunikasi Dan Pariwisata: Peran User Generated Content Bagi Traveller Dalam Media Sosial’, Jurnal Simbolika, 2.1 (2016)
  5. Haryanto, Agus Tri, ‘Ini Kronologi Pemblokiran Tiktok Di Indonesia’, Detik.Com, 2018
  6. Hennig-Thurau, T., & Walsh, G., ‘Electronic Word-of-Mouth: Motives for and Consequences of Reading Customer Articulations on the Internet’, International Journal of Electronic Commerce, 8.2 (2003), 51–74
  7. Moleong, L, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)
  8. O’Hern, M. S., & Kahle, L. R., ‘The Empowered Customer: UserGenerated Content and the Future of Marketing’, Global Economics and Management Review, 18.1 (2013), 22–30
  9. Pacey, Arnold., The Culture of Technology (MIT Press Edition, 2015)
  10. Rayinda, Maria Anasthasia, Mahasiswa Magister, Ilmu Komunikasi, and Universitas Pelita, ‘Pengaruh User Generated Content Terhadap Perilaku Para Foodie Pengguna Media Sosial’, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3.2 (2019), 116–27
  11. Rubyanti, Desi, ‘Peran User Generated Content ( UGC ) Instagram Pada Industri Makanan’, 04.01 (2020), 1–24
  12. Sihotang, Ribka Elisabet, Ruth Mei, Ulina Malau, and M I Kom, ‘Pengelolaan User-Generated Content Sebagai Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Akun Instagram @ Thehousetourhotel’, E-Proceeding of Management, 7.1 (2020), 1805–15
  13. Tzeng, Jang-Ruey, Dkk., ‘A Study of A Web 2.0-Based Educative Platform’, Journal of Systemics, Cybernetics and Informatics, 7.4 (2009), 38–43
  14. wikipedia, ‘Konten Buatan Pengguna’, Wikipedia Indonesia, 2018

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-01-12
Published: 2021-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 772 1933