STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN SISWA TPQ ATAS PELAFALAN MAKHORIJUL HURUF DAN ILMU TAJWID DI DESA BAURENO, JATIREJO, MOJOKERTO

Fatiya Nurul Laily* -  , Indonesia
Sitti Maesurah -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v7i2.2365

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Muslim dan merupakan mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Maka dari itu, mempelajarinya adalah sebuah keharusan, dan hal yang paling dasar untuk mempelajarinya adalah dengan membaca Al-Qur’an secara tartil, yang mencakup kemampuan dan pemahaman atas ilmu tajwid dan makharijul huruf. Namun, nyatanya di masyarakat masih banyak yang belum mampu membaca Al-Qur’an disertai pemahaman atas ilmu tajwid dan makharijul huruf yang baik, menjadikan bacaannya tidak sesuai ketentuan yang harus dipenuhi dalam membaca Al-Qur’an. Maka, dengan penelitian deskriptif kualitatif berbasis pengabdian masyarakat ini, akan dipaparkan bagaimana kondisi pemahaman siswa TPQ atas ilmu tajwid dan makharijul huruf serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa ata 2 aspek tersebut ketika membaca Al-Qur’an. 

  1. Al-Hafizh, Abdul Aziz. Panduan Ilmu Tajwid. Jakarta: Markaz Al-Qur’an, 2017.
  2. Amran. Kemampuan Siswa Mengaplikasikan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an di Sekolah. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2012.
  3. Ansari, Muhammad Iqbal. “Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah Qur’an An-nur Banjarmasin.” Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1, no. 2 (December 15, 2019): 124–39. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.251.
  4. Fauziyyah, Isyraq. “Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`An Secara Tartil Siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon.” Misykah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1 (2021): 72–88.
  5. Fitriani, Della Indah, and Fitroh Hayati. “Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1 (October 15, 2020): 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227.
  6. Hasanah, Uswatun, Sefta Dwi Setia, Isti Fatonah, and Much Deiniatur. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan.” Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 6, no. 2 (December 31, 2020): 14. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i2.1133.
  7. Hasanudin, M., and Santi Lisnawati. “Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor.” Jurnal AKSARA PUBLIC 3, no. 3 (2019): 201–14.
  8. Humam, As’ad. Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Yogyakarta: Tim Tadarus AMM, 2005.
  9. Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. “Ilmu Tajwid dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’ah.” QOF 1, no. 1 (June 15, 2017): 15–37. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926.
  10. Jamil, Ibrahim M. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Qira aty.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) 2, no. 2 (2017): 36–71.
  11. Khozin, Nur, and Abd. Majid Abror. “Pendampingan Pendalaman Makharij Al-Huruf bagi Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mustaqim Bulusari Tarokan Kediri.” JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa 1, no. 1 (2020): 179–89.
  12. Mahdali, Fitriyah. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 2, no. 2 (August 28, 2020): 143–68. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664.
  13. Nasikhah, Umi. “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Paud.” Jurnal Primearly 2, no. 2 (2019): 143–50.
  14. Sadiman, A. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
  15. Suharno, Imam. Panduan Tilawah Al-Qur’an. Kuningan: Pondok Pesantren Khusnul Khotimah, 2009.
  16. Suwaid, Aiman. Panduan Ilmu Tajwid. Solo: Maktabah Ibn Al-Jazari, 2012.
  17. Zuhdiana, Faiqoh. Pintar Membaca AlQuran Telaah Kaidah Tajwid. Mojokerto: Multazam Mojokerto Press, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-01-11
Published: 2021-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 1612 2284