SYIAR ISLAM MELALUI MUSIK DI ERA SOSIAL MEDIA

Jumaris Jumaris* -  , Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v7i1.1737

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji konsep dakwah melalui musik di sosail media yang terus berkembang. Berdakwah tidak semata-mata hanya sekadar mengenalkan hal-hal baik kepada orang-orang. Lebih dari itu, dakwah membawa orang-orang pada kebenaran. Kebenaran adalah modal besar dalam menjalani kehidupan dengan baik tanpa penuh dengan dusta yang dapat menjerumuskan dalam perbuatan yang kurang tepat. Tanpa harus memandang profesi, kegiatan dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja yang menginginkan kebenaran terus tegak di dunia ini. Sehingga, siapapun dapat melakukan dakwah sesuai dengan kapasitasnya. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyajian deskriptif naratif. Sumber data utama adalah literatur-literatur ilmiah yang memiliki hubungan dengan kajian ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa Musik dapat memberikan pengaruh kepada orang-orang yang mendengarkannya. Keindahan sebuah lagu akan sangat terasa jika lirik dan iramanya dapat menyentuh jiwa pendengarnya. Kesenian memang memiliki daya tarik tersendiri, pemanfaatannya untuk kesenangan. Namun, pemanfaatan musik dalam dakwah hanya sekadar sebagai pelengkap. Bukan malah sebaliknya yang menjadikan dakwah sebagai pelengkap. Selain penyanyi dan para komposer musik, musik juga dapat dimanfaatkan sebagai pengiring pada video-video kreatif yang dilakukan oleh seseorang. Melalui musik, dengan mudah memberikan rasa dalam video yang ditiontonnya sehingga penonton tersentuh hatinya. Dalam memanfaatkan musik sebagai media dakwah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: Memahami ajaran Islam, pandai bermusi dan Memiliki naluri ide yang akan dituangkan dalam lagu. Selain musik yang dijadikan sebagai iringan video yang dapat dilakukan, juga music iringan gambar yang tersedia pada beberapa sosial media seperti Instragram, Tiktok, dan juga Facebook. Meski begitu, berdakwah melalui musik sosial media bukan tanpa masalah.

Kata Kunci: Musik Islami; Dakwah; Sosial Media; Syiar Islam.

 

  1. Mahmud, Ahmad. Dakwah Islam. Cet. 1. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah. 2002.
  2. Aziz, Moh Ali. Ilmu Dakwah. Cet. 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.
  3. Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta : PT. Sinergi Pustaka Indonesia. 2012.
  4. Ghazali, M Bahri. Dakwah Komunikatif. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu. 2005.
  5. Gazalba, Sidi. Islam dan Kesenian. Cet. 1. Jakarta: Pustaka Al-Husna. 1998.
  6. Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Cet. 1. Jakarta: Amzah. 2009.
  7. Al-Fauzan, Abdullah. Kitab Tauhid. Jakarta: Darul Haq. 1998.
  8. Rais, Moh Amien. Islam dan Dakwah Pergumulan Antara Nilai dan Realitas. Yogyakarta: Muhammadiyah Majlis Tabligh. 1998.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-08-13
Published: 2021-06-30
Section: Articles
Article Statistics: 565 915