KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK BERBASIS AL-QURAN

A Fajar Awaluddin* -  , Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v7i1.1705

Terdapat beberapa kajian tentang pendidikan humannistik yang telah dikaji oleh peneliti terdahulu, namun sifatnya masih dalam konsep yang umum dan masih tergolong langka yang mengkaji  Konsep  pendidikan  humanistik berbasis  al-Quran. Untuk mengisi kelangkaan kajian tersebut maka penulis dalan tulisan ini fokus membahas tentang konsep pendidikan humanistik berbasis al-quran.  Dalam tulisan ini mengandung  beberapa unsur  yaitu:  a) unsur fitrah manusia  dari segi kebatinan  dan  psikologi; b). unsur fitrah manusia  dari segi  spiritual; c). unsur fitrah manusia  dari segi lahiriyah  dan  biologis; dan d). unsur fitrah manusia  dari segi  sosial. Konsep manusia  dalam  perspektif  al-Qur‟an yang menjadi dasar pijakan bagi sebuah  pendidikan  yang  humanis,  yang meliputi: hakikat terhadap eksistensi manusia, kelebihan  insaniyah yang ada pada diri manusia, dan urgensi dari penciptaannya.  Humanisasi yang diaplikasikan dalam al-Qur`an tidak menafikan eksistensi manusia di muka bumi sebagaimana fungsi dan eksistensinya selaku “imarah al-ardl,”  dan selaku  hamba  yang telah wajib  dalam pengabdiannya  kepada Tuhan  sebagaimana  fungsi  dan eksistensinya  selaku “ibad.” Adapun  konsep pendidikan humanistik berbasis  al-Qur`an ditemukan sebagai berikut: Pertama, terdapat  komparasi antara pengetahuan berbasis  agama dan pengetahuan berbasis umum. Kedua, kajian pengetahuan  yang telah diterapkan pada kehidupan   sehari-hari  serta   mengatur pola strategi pendidikan yang integrative. Ketiga, adanya nilai kebebasan untuk menumbuh kembangkan berbagai konsep ilmu  pengetahuan. Keempat, kembalinya posisi segala bentuk aktivitas pendidikan  (talab  al-ilm) dalam koridor keagamaan dengan tujuan menharapkan  ridha  Allah. Dalam konsep ini lebih berfokus pada pertumbuhanan bakat serta potensi manusia agar mereka  dapat melakoni dirinya selaku hamba Allah sekaligus perannya sebagai khalifah doi muka bumi. Urgensi pendidikan ini bertujuan  dalam  memotivasi  peserta  didik  untuk mengaplikasikan bakatnya  agar supaya  mampu menjadi  manusia yang kreatif  serta mandiri serta menyadari akan wujud Allah dalam dirinya.

 

Kata Kunci: Berbasis Al-Qur‟an, Pendidikan, dan Teori Humanistik

  1. Agus Akmal, Nurman Said, and Muhammad Khalifah Mustami. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI MTsN 1 BOMBANA.” Jurnal Diskursus Islam, 2018. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6543.
  2. Amalia, Nur, and Sinta Yulianingsih. “Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Utama Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2020. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5092.
  3. Amalia, Rizki. “Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Berbasis Nilai Budaya Minangkabau Dalam Kesetaraan Gender Untuk Meningkatkan Self-Esteem Pada Remaja Putri.” Jurnal Bimbingan Konseling Ar-Rahman, 2016.
  4. Aradea, Riswan, and Edi Harapan. “PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2019. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2479.
  5. Arbayah. “Model Pembelajaran Humanistik.” Dinamika Ilmu, 2013.
  6. Armedyatama, Fikri. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” An-Nuha, 2021. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.12.
  7. At-Toyibi, Muhammad Nur Hakimuddin, and Syandy Diantrisna Kusuma. “Dasar Pemikiran Arsitektur Humanistik: Pemahaman Dan Tokohnya Dari Era Ke Era.” Sinektika: Jurnal Arsitektur, 2020. https://doi.org/10.23917/sinektika.v17i1.10863.
  8. Ekawati, Mona, and Nevi Yarni. “Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran.” Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 2019.
  9. Hidayat, Wahyu. “PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI.” Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 2020. https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i2.811.
  10. Hikmawan, Fadhil. “Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik.” Sains Psikologi, 2017.
  11. Karya, I wayan. “ASUMSI DASAR TEORI KOGNITIF, BEHAVIORISTIK DAN HUMANISTIK.” Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 2019. https://doi.org/10.33363/ba.v8i2.295.
  12. Kurdi, Musyarrafah Sulaiman. “EVALUASI IMPLEMENTASI DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2018. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243.
  13. Maliki, Noval. “PENDIDIKAN HUMANISTIK ALA ALI SYARI’ATI.” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i1.2847.
  14. Maslukiyah, Nailil, and Prasetio Rumondor. “Implementasi Konsep Belajar Humanistik Pada Siswa Dengan Tahap Operasional Formal Di SMK Miftahul Khair.” Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2020. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art8.
  15. Nast, Tri Putra Junaidi, and Nevi Yarni. “Teori Belajara Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2019.
  16. Nurhadi. “Transformasi Teori Kognitivisme Dalam Belajar Dan Pembelajaran.” Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2020.
  17. Pranajaya, Syatria Adymas, Ananda Firdaus, and Nurdin Nurdin. “Eksistensial Humanistik Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam.” Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2020. https://doi.org/10.24014/0.8710513.
  18. Rachmahana, Ratna Syifa’a. “Psikologi Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.” El-Tarbawi, 2008. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8.
  19. Rahman, Musthofa. “Pemikiran Pendidikan Humanistik Dalam Islam.” Hikmah: Journal of Islamic Studies, 2017. https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.155.
  20. Rista, Lia, Cut Yuniza Eviyanti, and Andriani Andriani. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2020. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.345.
  21. Sarnoto, Ahmad Zain, and Mohammad Muhtadi. “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Alim | Journal of Islamic Education, 2019. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.118.
  22. Sumantri, Budi Agus, and Nurul Ahmad. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” FONDATIA, 2019. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.216.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-07-22
Published: 2021-06-30
Section: Articles
Article Statistics: 667 1489