SURVEI DAN KONSULTAN POLITIK : MEMBANGUN POPULARITAS DAN ELEKTABILITAS POLITIK

Hamiruddin Hamiruddin* -  , Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v7i1.1702

Di Indonesia, selama kekuasaan orde baru, komunkasi politik hampir tidak pernah memperlihatkan wujudnya yang utuh, kebebasan berpendapat terbelenggu sehingga tidak memberikan jalan bagi tumbuhnya partisipasi politik secara bebas.  Menjadi sebuah catatan menarik karena proses demokrasi saat itu terjadi di tengah arus reformasi dan kemajuna teknologi komuikasi yang membuat munculnya kecenderungan iklan politik dimuat di media massa. Menyikapi kondisi politik yang tak menentu seperti itulah, mendorong para elit politik berupaya membangun popularitas dan elaetabilitas politik untuk menarik simpati dengan cara  mengadakan survai dan mengangkat konsultan politik untuk menemukan jalan keluar dari kebuntuan pemecahan masalah politik.

 

  1. Akhmad Danial, Iklan Politik Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru (Cet. I; Yogyakarta: LKIS, 2009).
  2. Asep Saeful Muhtadi, Komunukasi Politik Indonesia Dinamikla Islam Politik Pasca Orde Baru (Cet. I; Bandung : PN. PT. Remaja Rosdakarya, 2008).
  3. Dan Nimmo, Komunikasi Politik (Komunikator, pesan dan media) Terjemahan Tjun Suryaman (Bandung : Remaja Karya, 2000).
  4. Hafid Cangara, Komunikasi Politik Konsep , Teori dan Strategi (Cet. III; Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2011).
  5. http://fo kusparlemen or.id/index. php? option=com_ content&view= article&id= 1009: pedoman-dan-teknis-risetsurvey-politik & catid = 35:liputankegiatan.
  6. http://fo kusparlemen.or.id/index.php?option=com_ content&view= article&id= 1009: pedoman-dan-teknis-risetsurvey-politik&catid=35:liputankegiatan. Diakses tanggal, 17 Maret 2012.
  7. http://fokusparlemen. or.id/index. php?option= com_content&view= article&id= 1009: pedoman-dan-teknis-risetsurvey-politik&catid=35:liputankegiatan. Diakses tanggal, 15 Maret 2012.
  8. http://fokusparlemen. or.id/index. php?option= com_content&view= article&id = 1009: pedoman-dan-teknis-risetsurvey-politik&catid=35:liputankegiatan. Diakses tanggal, 15 Maret 2012 .
  9. http://madjidpolitika.wordpress.com/2011/09/27/kampanye-dan-konsultan-politik / Posted by Madjid Politika on September 27, 2011. Diakses tanggal, 15 Maret 2012.
  10. Lely Arrianie, Komunikasi Politik Politisi dan Pencitraan di Panggung Politik (Bandung : PN. Wijaya Pajajaran, 2010).
  11. Lisa Harrison, Metodologi Penelitian Politik (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2009).
  12. Penulis adalah Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumut. http://www.hariansumutpos.com/2012/02/26763/dari-elektabilitas-ke-krisis-kepemimpinan-1.htm, Diakses tangga, 16-3-2012.
  13. Qudratullah Qudratullah, ‘PENERIMAAN MASYARAKAT BANTAENG TERHADAP PEMBERITAAN NURDIN ABDULLAH PADA TRIBUNTIMUR.COM (Berita Periode Januari 2016-Februari 2017)’, Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id, 2017, 1–130 .
  14. Saeful Muhtadi, Komunikasi Politik Indonesia Dinamika Islam Politik Pasca Orde Baru (Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-07-21
Published: 2021-07-21
Section: Articles
Article Statistics: 607 5900