BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI BENTENG TERHADAP RISIKO KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA

Muhammad Fathur Rahman* -  IAIN Kudus, Indonesia
Safinatun Najah -  IAIN Kudus, Indonesia
Nur Dewi Furtuna -  IAIN Kudus, Indonesia
Anti Anti -  Dinas Pertanian Bantaeng, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v6i2.1183

Indonesia merupakan negara padat penduduk diurutan ke- 4 setelah Amerika Serikat, tercatat lebih dari 267 juta jiwa dalam SUPAS 2019,yang terdiri dari berbagai keberagaman sosial, agama, kelompok etnis, budaya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia, naik itu berasal dari dalam maupun luar masyarakat itu sendiri. Keberagaman tersebut menjadi sebuah tantangan yang dapat memberikan ancaman terhadap keutuhan bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberagaman dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan yang mengumpulkan literatur-literatur yang memiliki hubungan dengan kajian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sebuah kebegaman, diperlukan upaya dalam meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama dan kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui kerjasama dengan menggunakan prinsip kebersamaan, kesetaraan dan saling menghormati yang terkandung dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai integrasi nasional bangsa Indonesia.

Kata Kunci: Keberagaman; Integrasi Nasional; Bhineka Tunggal Ika.

  1. Agus, Andi Aco. Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Negara Republik Indonesia, Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.
  2. Arif, Dikdik Baehaqi. Membingkai Keberagaman Indonesia: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan Program Kurikuler.
  3. Astawa, Putu Ari. Integrasi dalamNasional Materi Kuliah Kewarganegaraan, Universitas Udayana.2017.
  4. Falaq, Yusuf. Pendidikan Kewarganegaraan Merajut Modernisasi Kebhineaan Indonesia. JF Press: Kudus.
  5. Hurri, Ibnu & Munajat, Asep. Pendidikan S KewarganegaraanPanduan Untuk Mahasiswa, Pendidik dan Masyarakat Secara Umum. CV. Nurani.2016.
  6. Jatmiko, Wisno dkK . Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Depok. Universitas Indonesia.2015.
  7. Lestari, Gina. Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara. Program Studi Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Th. 28. Nomor 1. (Februari. 2015).
  8. Saputra, Lukman Surya dkk. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta. kemendiknud. 2016.
  9. Suparlan, Parsudi.Bhinneka Tunggal Ika: Keanekaragaman Sukubangsa atau Kebudayaan?.Universitas Indonesia dalam jurnal Antropologi Indonesia 73.2003.
  10. Tim Ganesha operation. Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTS VII.Surabaya:Penerbit Duta. 2017.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-01-16
Published: 2020-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 179 1693